alexametrics
Piala Gubernur Jatim 2020

Bhayangkara FC vs Persebaya: Kekuatan Terbaik Hadapi Lawan Sepadan

12 Februari 2020, 12:00:07 WIB

JawaPos.com – Selama pramusim Persebaya Surabaya sudah tiga kali melakukan laga pemanasan. Hasil yang diraih pada tiga laga itu cukup memuaskan. Pertama, saat menghadapi Persis Solo dalam laga bertajuk Persebaya Forever Game di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada 11 Januari lalu. Dalam laga tersebut, Persebaya meraih kemenangan telak 4-0. Kemudian, Persebaya menang 3-1 saat melawan Sabah FA di GBT pada Sabtu (8/2). Kemenangan ketiga diraih pada laga pembuka Piala Gubernur Jatim (PGJ) Senin (10/2). Green Force, julukan Persebaya, berhasil menaklukkan Persik dengan skor 3-1.

Meski terbilang lumayan, Persebaya dianggap belum menemui lawan yang sepadan. Nah, lawan ideal bakal mereka hadapi sore nanti pada match day kedua grup A di Stadion Gelora Bangkalan. Green Force, julukan Persebaya, harus menghadapi Bhayangkara FC (Live MNCTV pukul 15.30 WIB). Sadar bahwa lawan yang dihadapi kali ini lebih berat, pelatih Persebaya Aji Santoso berjanji timnya tampil beda. Ketika melawan Persik Kediri pada Senin (10/2), Persebaya tampil dengan mayoritas pemain muda. Nah, sore nanti Aji menurunkan komposisi terbaiknya.

’’Makanya, saya mainkan pemain asing lawan Persik di 30 menit terakhir. Biar feel-nya dapat pas lawan Bhayangkara FC,’’ kata pelatih 49 tahun itu. Makan Konate dan Mahmoud Eid memang baru turun di babak kedua saat lawan Persik. Sayang, Mahmoud Eid mengalami cedera hamstring saat melawan Persik. Dia mungkin harus absen sore nanti.

Untungnya, Aryn Williams sudah siap tampil. Bahkan, pemain asal Australia itu tidak diturunkan kontra Persik. Aji memang sengaja menyimpan Aryn di laga perdana. Sebab, pemain 26 tahun itu disiapkan untuk laga kedua kontra Bhayangkara FC. ’’Saya sengaja istirahatkan dia untuk kebutuhan rotasi. Saya yakin kondisinya lebih bugar,’’ jelas Aji.

Bukan hanya Aryn yang disimpan. Irfan Jaya juga tidak diturunkan dalam laga perdana. Artinya, pemain asal Bantaeng itu bisa menghuni skuad inti sore nanti. ’’Saya tidak akan memaksakan komposisi pemain yang sama dalam tiga pertandingan (di PGJ). Karena itu sangat riskan juga buat pemain,’’ jelas mantan pelatih Persela Lamongan tersebut.

Masalahnya, Bhayangkara FC juga bakal menurunkan skuad terbaik. Apalagi, mereka hanya meraih hasil imbang 1-1 kontra Madura United pada Senin (10/2). Hanya kemenangan yang bisa menjaga asa The Guardians –julukan Bhayangkara FC– untuk lolos ke babak empat besar. ’’Kami harus manfaatkan sebaik-baiknya momen Piala Gubernur Jatim ini,’’ kata Manajer Bhayangkara FC I Nyoman Yogi Hermawan.

Handicap lainnya, Bhayangkara harus kehilangan bek asal Korea Selatan, Lee Won-jae. Dia mendapat kartu merah pada menit ke-56 saat menghadapi Madura United. Hal itu sangat disesali pelatih Bhayangkara FC Paul Munster. Apalagi, Munster menganggap kartu merah yang diterima Lee Won-jae tidak layak. ’’Wasit memang selalu seperti itu (merugikan). Padahal, secara performa, mental dan daya juang kami sudah sangat bagus,’’ kata pengganti Simon McMenemy tersebut.

Laga sore nanti sekaligus menjadi ajang pembuktian profesionalisme Andik Vermansah dan Ruben Sanadi. Keduanya merupakan mantan penggawa Persebaya. Namun, Andik siap menerima kondisi apa pun di lapangan sore nanti. Termasuk kemungkinan hujatan dari pendukung Persebaya. ’’Ada (Bonek) yang mendukung. Ada yang tidak. Saya sudah biasa kok diolokin pas di lapangan. Nggak masalah,’’ kata Andik. ’’Saya harus main secara profesional saja,’’ tambahnya.

Perkiraan Pemain

Bhayangkara FC (4-3-3) : 12-Awan Setho (gk); 28-Alsan Sanda, 2-Putu Gede Juniantara, 32-Nurhidayat Haris, 14-Ruben Sanadi; 20-Sani Rizki, 8-M. Hargianto, 23-Wahyu Suboseto; 70-Renan Silva, 99-Herman Dzumafo (c), 7-Andik Vermansah
Pelatih : Paul Munster

Persebaya (4-3-3) : 20-Rivky Mokodompit (gk); 33-Koko Ari Araya, 24-Arif Satria, 13-Rachmat Irianto (c), 22-Abu Rizal Maulana; 96-M. Hidayat, 28-Aryn Williams, 10-Makan Konate; 41-Irfan Jaya, 7-David da Silva, 92-Bayu Nugroho
Pelatih : Aji Santoso

Stadion : Gelora Bangkalan
Live: MNCTV pukul 15.30 WIB

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads