JawaPos Radar | Iklan Jitu

Para Pemain Seleksi Timnas U-22 Akan Ditentukan Nasibnya Hari Ini

12 Januari 2019, 09:05:59 WIB
timnas u-22
Dari 38 pemain yang dipanggil seleksi Timnas U-22, jumlahnya akan terus dikerucutkan secara bertahap. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Setelah satu pekan lakoni seleksi, para pemain yang dipanggil akan ditentukan nasibnya hari ini. Siapa yang terpilih dan siapa yang tercoret merupakan putusan mutlak tim pelatih Timnas U-22 di bawah Indra Sjafri. Pastinya, semua pemain telah mendapat kesempatan yang sama untuk menunjukkan kemampuan mereka.

Pelatih kepala Timnas U-22, Indra Sjafri, memberikan sejumlah modul untuk mengetahui karakteristik para pemain. Baik saat menyerang maupun bertahan.

Seperti yang terlihat dalam sesi latihan, Jumat (11/1) di Lapangan B, Senayan, Jakarta. Indra mulai memakai model bertahan dalam melihat kemampuan para

Selama 1,5 jam, Indra benar-benar melihat bagaimana 35 pemain menerapkan strategi bertahan yang diinginkan. Dia mencari pemain-pemain yang cocok untuk mengisi strategi tersebut. ’’Ini saya masih cari siapa yang cocok. Saya optimistis game plan yang ada banyak pemain bakal cocok untuk dipilih,’’ jelas pria 55 tahun itu.

Ya, dalam latihan kemarin para pemain dibagi menjadi tiga tim. Mereka diadu dalam beberapa game. Terlihat bukan hanya pemain bertahan saja yang dimintanya melakukan pressure tinggi. Pemain depan juga wajib memberikan tekanan ketika bek lawan menguasai bola. ’’Jangan beri lawan waktu berpikir,’’ ujarnya.

Indra menjelaskan, apa yang dilakukannya tersebut masuk dalam bagian seleksi. Bagian paling menentukan untuk layak atau tidaknya pemain yang ada saat ini masuk dalam skuad. ’’Besok (hari ini, red) latihan terakhir minggu ini. Ada internal game, pemain saling adu untuk jadi yang terbaik,’’ ucapnya.

Setelah itu, dirinya akan mengumumkan pemain mana saja yang layak bertahan. Juga pemain mana saja yang harus dicoret dan digantikan oleh yang belum dipanggil. Selama dua pekan, Indra akan fokus dalam menyeleksi pemain. Setelah itu baru persiapan untuk Piala AFF U-22.

Mantan pelatih Bali United itu juga sedang berkoordinasi dengan PSSI terkait agenda uji coba. Salah satunya uji coba internasional. Timnas Tiongkok U-22 yang yang akan jadi lawan tanding masih coba koordinasikan mengenai penjadwalannya.

’’Termasuk uji coba dengan klub lokal. Pasti dirancang, karena kami butuh uji coba beberapa kali,’’ paparnya.

Ditanya terkait perkembangan tiga pemain yang saat ini sedang bermain di luar negeri, yakni Egy Maulana Vikri (Lechia Gdanks), Saddil Ramdani (Pahang FA), dan Ezra Walian (RKC Waalwijk), Indra berujar masih belum  memastikan kapan ketiganya bergabung. Pihaknya sendiri masih terus berkoordinasi dan menyamakan jadwal.

’’Mereka sedang pramusim di sana. Jadi kami masih menunggu,’’ tandasnya.

Editor           : Agus Dwi W
Reporter      : (rid)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up