alexametrics
Liga 1 2019

Hansamu dan Dutra Absen, Irfan Belum Pasti saat Persebaya Hadapi PSM

11 November 2019, 12:00:07 WIB

JawaPos.com – Laga tunda antara Persebaya kontra PSM Makassar diputuskan digelar di Stadion Batakan, Balikpapan, Kamis mendatang (14/11). Seharusnya pertandingan tersebut dilangsungkan pada 2 November lalu.

Jadwal baru itu merugikan Green Force –julukan Persebaya. Sebab, laga digelar saat FIFA Matchday. Persebaya dirugikan karena Otavio Dutra masuk dalam skuad timnas. Ditambah lagi, tandem Dutra di posisi stoper, Hansamu Yama, juga absen. Mantan bek Barito Putera itu tidak bisa bermain lantaran akumulasi kartu. Kondisi itu jelas mengkhawatirkan. Sebab, Dutra maupun Hansamu merupakan pilihan utama di posisi bek tengah.

Persebaya Surabaya

Kondisi itu berbanding terbalik dengan PSM. Skuad Juku Eja –julukan PSM– dipastikan tampil full team. Tak satu pun pemain yang masuk skuad timnas. Meski komposisi pemain tim tamu lebih komplet, pelatih Persebaya Aji Santoso enggan sambat. ’’Kami kehilangan banyak pemain. Tapi, mau bagaimana lagi? Sudah tidak ada waktu. Jadi terpaksa main pas FIFA Matchday,’’ katanya kepada Jawa Pos.

Bukan hanya Hansamu dan Dutra yang absen. Rachmat Irianto dan Osvaldo Haay juga tak bisa diturunkan. Keduanya masih memperkuat timnas U-23. Selain itu, Aji masih menunggu kondisi winger Irfan Jaya. Pemain 23 tahun itu masih menderita cedera engkel kiri. ’’Untuk Irfan, saya tunggu dulu perkembangannya sampai lusa,’’ terang mantan pelatih Persela Lamongan itu.

Kalaupun Irfan absen, masih ada Okafianus Fernando dan Elisa Basna. Keduanya tampil sebagai starter saat bersua Tira Persikabo (9/11). Basna yang selama ini jarang jadi pilihan utama mampu unjuk gigi. Dia tampil selama 90 menit. Basna memang tak mencetak gol atau memberikan assist. Tapi, tusukannya dari samping membuat lini belakang Tira Persikabo keteteran.

Karena itu, ada kans Basna kembali dipercaya sebagai starter. Apalagi, Aji menegaskan siap melakukan rotasi pemain inti. ’’Saya tak mau pemain lain hanya menemani latihan pemain inti. Saya tumbuhkan kompetisi di antara pemain supaya sehat,’’ kata Aji.

Beruntung, PSM punya waktu recovery yang lebih minim. Semalam, Juku Eja baru saja menghadapi Kalteng Putra. Meski begitu, mereka tetap bisa menjaga kondisi fisik. Sebab, mereka akan terbang ke Balikpapan dari Palangka Raya. Jaraknya tentu lebih dekat daripada dari Persebaya yang terbang dari Surabaya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads