alexametrics
Liga 1 2019

Kiper Borneo FC Gianluca: Saya Siap Mental Hadapi Tekanan Bonek

11 Oktober 2019, 14:25:41 WIB

JawaPos.com – Musim ini Nadeo Argawinata tak tergantikan di bawah mistar Borneo FC. Arek Kediri itu selalu menjadi pilihan utama sepanjang 20 laga yang sudah dijalani Pesut Etam-julukan Borneo FC. Namun, saat melawat ke markas Persebaya kali ini, tak ada nama Nadeo. Dia sedang menjalankan tugas negara ; bergabung dengan timnas U-23.

Tentu kondisi tersebut sangat menguntungkan Persebaya. Apalagi, dua penjaga gawang yang dibawa Borneo FC ke Surabaya masih muda dan minim jam terbang. Keduanya adalah Gianluca Pandeynuwu dan Muhammad Zulfikri. Dari dua nama itu, Gianluca yang kemungkinan besar akan mengawal gawang Pesut Etam. Indikasinya, kiper 22 tahun itu kemarin hadir dalam sesi jumpa pers.

Borneo FC

”Sebenarnya kondisi ini tidak sepenuhnya menguntungkan kami. Sebab, saya yakin semua kiper yang ada di Liga 1 memiliki kemampuan yang mumpuni,” kata pelatih Kiper Persebaya M. Hadi.

Namun, pelatih kiper asal Gresik itu tidak memungkiri kalau minimnya jam terbang akan berpengaruh dengan penampilan seorang penjaga gawang. Sangat mungkin sang kiper demam panggung. Hadi pun melihat kemungkinan situasi tersebut menghinggapi Gianluca. ”Mudah-mudahan dia grogi. Jika seperti itu, tentu kami harus manfaatkan betul situasi tersebut,” ujarnya.

Terpisah, Gianluca menyadari betul bahwa dirinya akan memikul beban yang tidak ringan. Sebab, dia harus menggantikan posisi Nadeo saat bermain di kandang Persebaya. Di tambah lagi, situasi di belakang gawang Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, sangat berisik.

”Secara mental saya sudah siap menghadapi tekanan suporter Persebaya (Bonek). Kebetulan saya pernah menghadapi Persebaya,” ungkap Gianluca. Kiper kelahiran 9 November 1997 itu menyebut, pernah bersua Persebaya saat membela PSPS Pekanbaru di Liga 2 musim 2017. ”Saat itu suporter Persebaya tidak berhenti bernyanyi. Pengalaman itu menjadi bekal saya. Dan yang jelas saya dan pemain lainnya siap membalas kekalahan di putaran pertama lalu,” sebutnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : fim/bas

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads