alexametrics
Liga 1 2019

Kembali Latihan di Persebaya, Novan Optimistis Balik ke Skuad Utama

11 Oktober 2019, 15:00:02 WIB

JawaPos.com – Sepanjang putaran pertama, posisi bek kanan selalu menjadi milik Novan Setya Sasongko. Tapi, menjelang jeda kompetisi, Novan justru kehilangan tempat di tim utama. Sudah delapan laga dilalui bek asal Bojonegoro itu, tanpa sekalipun dirinya tampil di lapangan.

Novan terakhir kali menjadi pilihan utama saat Persebaya menjamu Madura United pada 10 Agustus lalu. Setelah itu, dia ”ditepikan”. Novan semakin tersisih karena dia sempat absen latihan dua pekan lebih. Mantan bek Semen Padang itu absen karena harus fokus ke urusan keluarga. Manajemen dan pelatih Persebaya mengizinkannya.

Persebaya Surabaya

Novan kini telah kembali. Dia pun siap bersaing merebut posisi inti. ”Terkait dipilih atau tidak sebagai pemain inti, semua keputusan ada di tangan pelatih. Tapi, saya optimistis bisa menjadi pemain inti lagi,” tegasnya.

Optimisme itu bukan tanpa alasan. Novan menyadari kalau dirinya memang absen dari latihan selama dua pekan. Dan, sepanjang waktu tersebut ada banyak perubahan dari sisi permainan tim. Sebab, saat dirinya absen latihan, Persebaya ditangani Wolfgang Pikal yang memiliki karakter berbeda dengan pelatih sebelumnya Djadjang Nurdjaman. Juga berbeda dengan pelatih karteker Bejo Sugiantoro yang sempat memegang kendali Persebaya di masa peralihan.

”Selama saya absen, saya tetap berlatih. Saya berlatih selepas subuh. Saya berlatih di pantai Kenjeran, juga berlatih dengan bola di lapangan,” ungkapnya. Latihannya pun tidak asal-asalan. ”Saya menjalani latihan sendiri sesuai program yang diberi pelatih,” imbuhnya.

Posisi inti itu tampaknya akan didapatkannya saat Persebaya menjamu Borneo FC. Situasi tersebut menyusul kondisi Abu Rizal Maulana yang belum pulih 100 persen. Juga absennya Hansamu Yama Pranata. Dengan absennya Hansamu, M. Syaifuddin yang beberapa kali mengisi posisi bek kanan sepertinya bakal dikembali ke bek tengah. ”Kalau dipercaya tampil, saya sangat siap,” ujar Novan.

Editor : Mohammad Ilham

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads