Piala AFF U-16 2022

Pelatih Vietnam Minta Indonesia Sediakan Pasukan Pengamanan Khusus

11 Agustus 2022, 23:57:47 WIB

JawaPos.com-Pelatih tim nasional Vietnam U-16 Nguyen Quoc Tuan meminta PSSI untuk menjamin keamanan para pemainnya saat berlaga kontra Indonesia di final Piala AFF U-16 2022, Jumat (12/8).

Dia memohon kepada PSSI dan panitia pelaksana pertandingan lokal agar menyediakan pasukan pengamanan khusus. Tujuannya adalah untuk menjaga skuadnya ketika mereka melakukan pemanasan di pinggir lapangan.

“Kami berharap mendapatkan pengawalan dari pihak keamanan,” ujar Nguyen dalam konferensi pers sebelum laga final di Stadion Maguwoharjo.

Menurut pria yang sempat menangani timnas U-22 Vietnam itu, para pemainnya mendapatkan tekanan besar dari para suporter Indonesia. Yakni saat kedua kesebelasan berjumpa pada laga terakhir Grup A, Sabtu (6/8).

Bahkan, bukan cuma verbal, para pemain Vietnam juga mendapatkan tekanan dalam bentuk lemparan minuman kemasan. Itu terjadi ketika personel cadangan Vietnam tengah melakukan pemanasan saat jeda pertandingan.

“Saya pikir, terkadang suporter Indonesia terlalu bersemangat memberikan dukungan. Itu yang membuat kami kesulitan,” ucap Nguyen.

Meski demikian, Nguyen Quoc Tuan menegaskan skuadnya siap menghadapi tekanan dari suporter tuan rumah. “Kami sudah menyiapkan mental pemain agar mereka selalu percaya diri,” katanya.

Pelatih timnas U-16 Indonesia Bima Sakti juga meminta kepada para suporter untuk selalu sportif dalam memberikan semangat kepada anak-anak asuhnya.

“Dukung kami secara sportif dan fair. Kita harus sukses sebagai tuan rumah dan respek dengan semua lawan,” ujar Bima.

Pertandingan final Piala AFF U-16 2022 Indonesia versus Vietnam digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8), mulai pukul 20.00 WIB.

Sebelum laga itu, pada hari dan tempat yang sama, ada pertandingan perebutan tempat ketiga yang mempertemukan Thailand dan Myanmar mulai pukul 15.30 WIB.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: