alexametrics
Liga 1 2020

Belum Ada Rekomendasi dari BNPB untuk Restart Liga 1 pada Oktober

11 Juli 2020, 18:00:09 WIB

JawaPos.com – Beragam komentar muncul menanggapi surat LIB kepada jajaran klub terkait lanjutan Liga 1 musim 2020. Banyak yang masih meragukan rencana itu bisa terlaksana apabila melihat perkembangan pandemi korona di tanah air hingga detik ini.

’’Untuk apa dikomentari. Kan jelas masih nunggu situasi pandemi ini seperti apa. Kalau melihat tren penambahan setiap hari sampai dengan hari ini justru meningkat drastis, saya justru pesimistis untuk bisa dieksekusi lanjutan kompetisi itu,’’ ucap Direktur Madura United Haruna Soemitro. ’’Lebih-lebih, pihak yang berwenang dan kompeten terhadap situasi ini (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) belum memberikan rekomendasi,’’ lanjut pria yang juga menjadi anggota Exco PSSI itu.

Pelatih Persebaya Aji Santoso yang ingin kompetisi dilanjutkan dengan skema lama belum berani buka suara. ’’Saya masih menunggu arahan dari manajemen. Belum bisa komentar,’’ katanya kepada Jawa Pos singkat.

Sementara itu, pelatih Persela Nil Maizar menyatakan masih menunggu jadwal resmi kapan kompetisi dimulai. Karena itu, Persela juga tidak buru-buru membuat jadwal latihan.

Lagi pula, saat ini, nyaris seluruh pemain masih berada di kampung halaman masing-masing. Termasuk Nil yang tengah berada di Payakumbuh, Sumatera Barat. Karena itu, latihan dipastikan tidak akan digelar dalam waktu dekat. Sangat mungkin latihan baru dimulai Agustus nanti. Atau dua bulan sebelum kompetisi dimulai. Waktu tersebut dinilai ideal untuk melakukan persiapan.

Tapi, tidak mudah menggelar latihan. Pertama adalah soal izin. Belum ada jaminan dari pemerintah setempat untuk memberikan izin menggelar latihan. Belum lagi pemain, pelatih, dan ofisial wajib melakukan rapid test. Itu sesuai dengan salah satu poin protokol kesehatan yang dikeluarkan PSSI. Soal rapid test, Nil mengaku siap saja.
’’Tidak masalah. Karena kepentingan orang banyak adalah yang paling utama,’’ katanya.
Dia berharap kondisi pemainnya tidak terlalu drop. Sebab, tidak mudah mempersiapkan tim setelah libur hampir selama empat bulan. ’’Kami akan tetap sesuaikan dengan situasi dan kondisi pemain,’’ terang Nil.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : nia/gus

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads