alexametrics
Liga 1 2018

Liga 1 2018: Jangan Melanggar, Sanksinya Berat, Kamu Takkan Kuat

11 Maret 2018, 12:00:09 WIB

JawaPos.com – Liga 1 2018 mulai bergulir pada 23 Maret mendatang. Sebagai laga pembuka, tersaji duel Bhayangkara FC melawan Persija Jakarta yang rencananya akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Beberapa hari jelang kick off, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku pengelola kompetisi menjelaskan beberapa hal yang terkait soal penyelenggaraan pertandingan. Seluruh kontestan serta panita pertandingan wajib mematuhinya sebab bila melanggar, PT LIB tidak segan menjatuhi hukuman yang tahun ini dibuat lebih berat.

Sebelum laga dimulai, tim tuan rumah wajib menyediakan mobil ambulans serta Automated External Defibrillator (AED). Alat tersebut berfungsi untuk mendiagnosis aritmia jantung ketika ada kondisi buruk yang mengancam nyawa seseorang.

“AED wajib ada. Kalau tidak tuan rumah dinyatakan kalah. AED itu akan diletakkan di meja ofisial pertandingan,” ucap Chief Operating Officer (COO) PT LIB, Tigorshalom Boboy saat membahas soal regulasi Liga 1, Sabtu (10/3/2018) kemarin.

Selain dinyatakan kalah WO, ada hukuman lain bila tim tuan rumah tak mampu memenuhi peraturan tersebut. Sesuai ketentuan yang tertuang dalam Pasal 48 ayat 7, tim yang lalai bisa dikenakan sanksi denda Rp 50 juta.

Hukuman dengan besaran serupa juga berlaku untuk tim yang terlambat memasuki lapangan setelah jeda pertandingan. Normalnya jeda antar babak hanya 15 menit. Namun tak jarang ada tim yang lebih lama berada di ruang ganti sehingga memperpanjang durasi pertandingan.

Selain itu PT LIB juga akan menindak tegas bagi siapapun yang enggan melanjutkan pertandingan atau memilih mengundurkan diri. Dikutip dari Goal, tim yang mundur sebelum Liga 1 dimulai bisa dijatuhi denda sebesar Rp 1 miliar sampai Rp 2 miliar. Sementara bagi tim yang enggan melanjutkan pertandingan, bisa dikenai hukuman berlapis yaitu penghapusan poin selama berkompetisi, diskualifikasi, denda Rp 500 juta sampai Rp 1 miliar, serta membayar ganti rugi kepada klub lawan, sponsor, pemegang hak siar, dan pihak terkait lainnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (bep/JPC)


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Liga 1 2018: Jangan Melanggar, Sanksinya Berat, Kamu Takkan Kuat