alexametrics

Penggawa-penggawa Persebaya dari Benua Asia (Part 2)

11 Februari 2019, 19:23:55 WIB

JawaPos.com – Tak banyak pemain dari Benua Asia yang bergabung dengan Persebaya Surabaya dalam kurun waktu 15 tahun terakhir. Terbaru, Persebaya merekrut gelandang asal Tajikistan Manuchekhr Dzhalilov.

Dzhalilov yang pernah menyabet Pemain Terbaik AFC Cup merupakan pemain Sriwijaya FC musim lalu. Walaupun baru seumur jagung, kiprahnya di sepak bola Indonesia tak terbantahkan. Dzhalilov menjadi pemain asal Asia kesebelas yang memperkuat Persebaya pada 15 tahun terakhir. 

 

andrew barisic
Andrew Barisic salah satu pemain asal Australia yang pernah berkostum Persebaya. (Instagram)

Berikut daftar pemain Persebaya asal Asia dalam 15 tahun terakhir:

6. Jeon Byung Euk (2009-2010)

Jeon Byung Euk bergabung dengan Persebaya pada pertengahan kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2009-2010. Ia masuk bersamaan dengan Juan Marcelo Cirelli dan Pato Morales.

Jeon memperkuat Persebaya melalui proses seleksi. Ia terpilih setelah menyingkirkan sesama pesepak bola asal Korea, Sang Song Ho. Jeon direkrut untuk menggantikan Josh Maguire yang hijrah ke PSPS Pekanbaru.

 

7. Michael Cvetkovski (2011)

Cvetkovski merupakan bek asal Australia yang bergabung dengan Persebaya pada kompetisi Liga Primer Indonesia (LPI) 2011. Pada saat itu Cvetkovski ditandemkan dengan Otavio Dutra. Penampilan Cvetkovski tak terlalu menawan saat itu.

 

8. Andrew Barisic (2011-2012)

Seperti halnya Michael Cvetkovski, Andrew Barisic adalah pemain Australia yang bergabung dengan Persebaya pada era LPI 2011. Barisic hanya dua tahun di Persebaya. Setelah itu ia dipinjamkan ke Arema Indonesia.

 

9. Mario Karlovic (2011-2013)

Karlovic adalah salah satu gelandang elegan yang pernah dimiliki Persebaya. Pemain asal Australia ini mengemas 16 gol dalam 66 pertandingan bersama Green Force. Jebolan akademi Torino tersebut dikenal sebagai eksekutor bola mati.

Karlovic juga menjadi salah satu pemain asing yang sangat dicintai Bonek. Ketika Persebaya dipaksa mati suri, Karlovic termasuk salah satu pemain yang aktif memberikan dukungan moral untuk timnya.

 

10. Han Ji Ho (2012-2013)

Han Ji Ho adalah pemain Korea kedua yang memperkuat Persebaya setelah Jeon Byung Euk. Ji Ho sangat kenyang pengalaman di sepak bola Indonesia. Ia pernah memperkuat PSBI Blitar, Persik Kediri, PSIS Semarang dan Persibo Bojonegoro.

Ji Ho bergabung pada pertengahan 2013. Ia masuk bersamaan dengan Hery Prasetya (stopper), Trias Budi (bek kiri) dan Dedi Sutanto (penjaga gawang).

Editor : Agus Dwi W

Reporter : Muhammad Syafaruddin

Penggawa-penggawa Persebaya dari Benua Asia (Part 2)