alexametrics
Pramusim Liga 1 2020

Persebaya vs Persis: Ayo, Buktikan Kalian Pantas Berkostum Green Force

11 Januari 2020, 07:00:43 WIB

JawaPos.com – Laga bertajuk Forever Game malam nanti memang hanya bersifat persahabatan. Namun, para pemain Persebaya Surabaya harus tetap tampil serius. Sebab, pertandingan melawan Persis Solo tersebut sekaligus menjadi ajang audisi.

Bagi pemain yang sudah diikat kontrak, mereka harus bisa membuktikan layak mengenakan kostum Green Force, julukan Persebaya. Demikian pula halnya untuk pemain muda yang diorbitkan ke skuad senior. Laga itu menjadi kesempatan mereka untuk membuktikan bahwa pemain muda juga punya kualitas yang setara dengan senior.

Persebaya Surabaya

Selain tampil bagus dan menghibur, Persebaya harus bisa meraih kemenangan pada laga yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) tersebut. Maklum, ini adalah laga pertama Persebaya setelah melakoni sanksi tanpa penonton selama sembilan pertandingan di Liga 1 musim lalu. ”Laga besok (malam ini, Red) sekalian untuk melepas kangen. Tapi, saya tetap minta anak-anak serius,” kata Aji Santoso, pelatih Persebaya, kemarin.

Sejatinya skuad Green Force belum siap tempur. Maklum, mereka baru berlatih pada Senin (6/1) lalu. Itu pun dengan skuad yang belum lengkap. Aji mengakui bahwa kondisi pasukannya belum ideal. ”Kan sebenarnya belum waktunya uji coba. Latihan kami juga belum maksimal. Tapi harus main karena sekalian ada pengajian,” terang pelatih 49 tahun tersebut.

Untung, beberapa pemain sudah kembali bergabung. Ricky Kambuaya, Osvaldo Haay, dan M. Alwi Slamat melakoni latihan perdana kemarin. Dengan tambahan tiga amunisi baru itu, saat ini Aji sudah memiliki 19 pemain yang bisa diturunkan melawan Persis. Kans pemain yang baru bergabung untuk turun juga cukup besar. ”Karena saya pasti turunkan semua pemain,” ungkap Aji.

Hanya ada satu pemain yang dipastikan menepi. Dia adalah gelandang asal Palestina Mahmoud Eid. Aji tak mau memaksa pemain kelahiran Swedia itu untuk tampil. Sebab, kondisinya masih belum fit. ”Dia habis perjalanan jauh. Beda waktu antara Eropa dan di Surabaya juga hampir sembilan jam. Jadi memang masih harus menyesuaikan,” terang mantan pelatih Persela Lamongan tersebut.

Untuk starter, Aji ingin mencoba beberapa pemain. Artinya, dia akan menurunkan beberapa rekrutan anyar sejak menit pertama. Sebut saja Arif Satria ataupun Bayu Nugroho. Kans keduanya tampil starter cukup besar. Sebab, keduanya sudah berlatih sejak Senin lalu. ”Mungkin (Ricky) Kambuaya yang masih saya lihat kondisinya. Karena dia kan baru datang dari Papua. Kalau capek kan kasihan,” tambah mantan bek kiri dan kapten timnas itu.

Persis juga tak ingin jadi bulan-bulanan di GBT. Meski beda kasta dan skuad belum komplet, Persis bakal tampil menyerang. Penegasan tersebut disampaikan pelatih Persis Salahudin.

”Memang di atas kertas mereka (Persebaya, Red) lebih baik. Tapi, di dalam lapangan nggak ada itu. Siapa yang mau kerja keras, all-out, itu yang akan menang,” tegasnya. ”Nggak ada yang nggak bisa dikalahkan,” tambah dia. Salahudin pun meminta anak asuhnya tidak ciut nyali. ”Kalau takut ya mending nggak usah main,” cetus mantan pemain Barito Putera tersebut.

Salahudin lega. Sebab, tiga pemain kunci Persis musim lalu sudah bergabung. Mereka adalah Ilham Irhaz, Jodi Kustiawan, dan Iman Budi. ”Lihat kualitas skill-nya, nggak ada perubahan, tapi hanya kedisiplinan yang perlu ada perubahan. Fisiknya mungkin sekitar 60 persen,” jelas Salahudin soal tiga pemain lawas yang sudah bergabung seperti dikutip Jawa Pos Radar Solo. ”Mereka tetap kami bawa (ke Surabaya, Red) karena sudah positif gabung di tim dan tak perlu kami seleksi lagi,” terangnya.

Perkiraan Pemain

Persebaya (4-3-3) : 20-Ernando Ari (gk); 22-Abu Rizal, 23-Hansamu Yama, 5-Arif Satria, 13-Rachmat Irianto; 12-Rendi Irwan (c), 88-Alwi Slamat, 96-M. Hidayat; 92-Bayu Nugroho, 17-Patrich Wanggai, 11-Supriadi
Pelatih : Aji Santoso

Persis (4-2-3-1) : 30-Sendri Johansyah (gk); 78-Andre Putra, 23-Alaik Sobrina, 5-Bruno Casimir, 77-Dedi Tri Maulana; 14-Okky Derry, 44-M.Shulton; 7-Hapidin, 9-Iman Budi, 21-Nanang Asripin; 11-Muhammad Isa (c)
Pelatih : Salahudin

Stadion : Gelora Bung Tomo, Surabaya
Kick off pukul 20.00 WIB

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/bas


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads