alexametrics
SEA Games 2019

Kalahkan Kamboja via Adu Penalti, Myanmar Bawa Pulang Perunggu

10 Desember 2019, 17:32:10 WIB

JawaPos.com – Myanmar akhirnya membawa pulang medali dari sepak bola. Timnas U-23 Myanmar menang melalui adu penalti atas Kamboja U-23 dalam perebutan peringkat ketiga di Rizal Memorial Stadium, Manila, sore tadi, setelah di waktu normal imbang 2-2.

Ya, dengan kemenangan itu, maka Myanmar menjaga konsistensi dalam tiga edisi terakhir SEA Games. Myanmar mampu merebut perak pada 2015 dan kemudian bertarung dalam perebutan peringkat ketiga dengan Indonesia U-23 pada 2017. Meski kalah, tapi mereka konsisten masih semifinal.

Nah, pada tahun ini, mereka kembali kalah oleh Indonesia U-23. Bedanya, di semifinal. Dan, ketika masuk ke perebutan peringkat ketiga, tim asuhan Velizar Popov itu mampu membawa pulang medali perunggu. Meski tidak diraih dengan mudah. Harus melewati adu penalti.

Myanmar benar-benar dibikin keteteran oleh Kamboja. Bahkan, baru menit pertama, mereka sudah kebobolan oleh gol Sieng Chanthea. Namun, Mann Aung Kaung bisa menyamakan skor pada menit kesembilan dan Kaung Khant Myat sempat membawa Myanmar unggul 2-1 pada menit ke-35.

Kamboja yang tertinggal tidak menyerah. Mereka kembali mengejar ketertinggalan melalui gol Sokpheng Keo pada menit ke-71. Hingga peluit panjang dibunyikan, kedua tim tetap imbang 2-2. Karena itu, laga pun langsung dilanjut dengan adu penalti. Myanmar lebih beruntung kali ini.

Dalam adu penalti, semua penendang Myanmar sukses menjebol gawang Kamboja. Sedangkan, penendang terakhir Kamboja, yakni Sokhpeng yang merupakan pencetak gol penyama kedudukan pada babak kedua, gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Penalti berakhir dengan skor 5-4 untuk Myanmar.

Selama era milenium, Myanmar cukup konsisten di SEA Games. Mereka dua kali menjadi runner-up pada 2007 dan 2015 serta tiga kali merebut peringkat ketiga (2001, 2011, dan 2019). Dalam sepuluh edisi SEA Games terakhir, hanya tiga kali mereka tersingkir di fase grup.

Editor : Mohammad Ilham


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads