alexametrics
Liga 1 2019

Aji Santoso: Hati, Jiwa, dan Perasaan Ini Total Hanya untuk Persebaya

10 Desember 2019, 17:00:07 WIB

JawaPos.com – Laga Persebaya Surabaya kontra Arema FC selalu membuat hati Aji Santoso terbelah. Maklum, dia adalah legenda Persebaya maupun Arema. Ketika kedua tim berhadapan, Aji sulit menjagokan pemenangnya.

Namun, kini Aji tidak bimbang lagi. Karena berstatus pelatih Persebaya, hatinya sudah sangat menghijau. ’’Yang jelas, saat ini saya dikontrak Persebaya. Jadi, hati, jiwa, dan perasaan ini saya berikan total hanya untuk Persebaya,’’ tegasnya saat dihubungi Jawa Pos.

Persebaya Surabaya

Aji tidak akan segan mengalahkan tim kota kelahirannya tersebut. Apalagi, dia ingin meneruskan tren positifnya bersama Green Force, julukan Persebaya. Di tangannya, dari enam pertandingan, Persebaya meraih empat kemenangan dan dua hasil imbang. ’’Semua bakal saya fokuskan untuk (kemenangan, Red) Persebaya. Arema ini kan juga salah satu pesaing Persebaya di Liga 1,’’ kata mantan pelatih Persela Lamongan tersebut.

Saat ini Arema FC menduduki peringkat kesembilan. Mereka mengoleksi 43 poin. Terpaut dua poin saja dari Persebaya yang berada di posisi kelima.

Derbi Jatim akan dihelat di Stadion Batakan, Balikpapan, Kamis (12/12). Laga memang berstatus tanpa penonton. Namun, kemungkinan hadirnya dua kelompok suporter ke stadion cukup besar. Hal tersebut berkaca dari dua laga home Persebaya di Stadion Batakan. Bonek East Borneo datang langsung untuk mendukung Green Force dari luar tribun. Gesekan bisa terjadi lantaran basis Aremania di Balikpapan juga cukup besar.

Sebagai legenda kedua tim, Aji berharap tidak terjadi gesekan. Dia mewanti-wanti agar Bonek maupun Aremania bisa menahan diri. ’’Setiap kami main di Batakan, selalu ada Bonek. Kalau memang besok ada Aremania, marilah semua mendukung tim dari luar stadion dengan baik,’’ tutur pelatih yang membawa Arema FC memenangi Piala Presiden 2017 tersebut.

Aji sadar pertandingan bakal berlangsung panas. Apalagi, Persebaya dihajar empat gol tanpa balas dalam laga putaran pertama di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, pada 15 Agustus lalu. Meski begitu, dia tetap punya hubungan baik dengan pemain maupun manajemen Arema FC. ’’Nggak ada masalah. Silaturahmi kan penting untuk selalu kami jaga. Tapi, loyalitas saya sekarang untuk Persebaya,’’ jelas Aji.

Sementara itu, skuad Green Force hanya berlatih ringan di lapangan Polda Jatim kemarin sore (9/12). Mereka memulihkan kondisi setelah menang 4-0 atas Bhayangkara FC (8/12). Rencananya, skuad bertolak ke Balikpapan sore nanti. Kapten Persebaya Ruben Sanadi menyatakan bahwa kondisi rekan-rekannya cukup bagus. ’’Kami harus lupakan euforia kemenangan lawan Bhayangkara. Intinya, kami tetap harus rendah hati,’’ ucap pemain 32 tahun tersebut.

Mengenai kekalahan 0-4 di putaran pertama, Ruben meminta rekan setimnya tidak tersulut. Dia hanya meminta seluruh pemain berfokus meraih kemenangan. ’’Jangan ambisius karena bisa bahaya bagi kami. Yang penting, kami punya motivasi lebih untuk pertandingan lawan Arema besok,’’ tandas Ruben.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads