alexametrics
Liga 1 2018

Protes Kinerja Wasit, RD: Silakan Lihat Tayangan Ulang

10 Desember 2018, 04:15:10 WIB

JawaPos.com – Pelatih Mitra Kukar, Rahmad Darmawan, buka suara soal protes kerasnya ke wasit di laga melawan Persija Jakarta. Dia mengkritik keras kepemimpinan wasit dalam laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (9/12).

Pelatih yang karib disapa RD itu memang tak biasa memprotes ke wasit. Apalagi dengan nada keras. Tapi ada satu momen yang bikin dia hilang kesabaran kepada wasit.

“Pertama, tadi ada penalti, jujur saya protes. Menurut pengamatan saya, Marko Simic tidak menguasai bola dan dua pemain mereka mengapit pemain saya. Tapi okelah wasit memberikan penalti, tidak terlalu apa-apa buat saya. Karena saya pikir kami masih bisa,” ungkap RD usai laga.

Lalu puncaknya gol kedua Persija. Menurutnya, ada salah satu pemain Persija yang menghalangi kiper Mitra Kukar sebelum gol itu terjadi.

“Awalnya saya tidak terlalu mau frontal protes. Tapi saya melihat pemain saya sudah emosional semua. Saya takut terjadi apa-apa, saya datangi asisten wasit 1. Dan mereka sempat melakukan protes terlalu keras sehingga saya kemudian datang untuk melerai pemain saya, saya marah saja kepada asisten wasit 1,” papar dia.

“Kebetulan, asisten wasit 1 mendekati saya, saya bilang sama dia silakan lihat rekaman supaya lebih fair. Saya ingin wasit juga tahu kesalahannya karena dalam posisi di dalam kotak 5 meter itu adalah zona penjaga gawang, mereka itu tidak diboleh diganggu. Itu saja sih sebenarnya yang mendasari saya melakukan protes, karena ini pertandingan menentukan untuk kedua tim,” tutup pelatih asal Lampung itu.

Editor : Agus Dwi W

Reporter : (ies/JPC)

Protes Kinerja Wasit, RD: Silakan Lihat Tayangan Ulang