alexametrics
Kualifikasi Piala Dunia 2022

Manajer Timnas Indonesia: Yang Penting Menang Dulu, Bonus Pasti Ada

10 September 2019, 15:30:46 WIB

JawaPos.com – Segala cara dilakukan agar motivasi pemain timnas terdongkrak saat melawan Thailand. Sebab, kekalahan dari Malaysia membuat mental Andritany Ardhiyasa dkk anjlok. Manajer timnas AKBP Sumardji menjelaskan, pihaknya sudah menyiapkan bonus untuk para pemain. Bonus bakal cair kalau timnas bisa mengalahkan Thailand. ’’Sudah saya siapkan, bahkan sejak lawan Malaysia,’’ bebernya.

Namun, Sumardji tak mau membeberkan nominal bonus yang bakal diterima skuad Garuda. Yang jelas, nilai bonus yang diberikan’’cukup’’ untuk pemain. ’’Ada pokoknya, yang terpenting fokus menang dulu saja,’’ terangnya.
Selain bonus, Sumardji sering turun langsung untuk berbicara dengan pemain. Terutama ketika makan malam di hotel. ’’Pemain juga saling terbuka, saling mengangkat motivasi pemain lainnya. Jadi, di tim ini kami seperti keluarga,’’ kata pria yang juga manajer Bhayangkara FC tersebut.

Lain lagi kiat yang dilakukan pelatih Simon McMenemy. Agar pemainnya bisa move on dari kekalahan melawan Malaysia, dia meminta pasukan Merah Putih untuk mengabaikan komentar-komentar miring netizen di media sosial. McMenemy paham, akun media sosial pemainnya sempat diserang netizen. Terutama milik Andritany Ardhiyasa dan Rizku Pellu yang dianggap bermain buruk.

Pelatih asal Skotlandia itu sempat mengutip salah satu quote Gary Neville tentang media sosial. Kutipan itu yang dia share ke pemainnya untuk membendung komentar miring di dunia maya. Yakni, orang bisa berkata buruk tentang apa pun di Twitter ataupun Instagran tentang kamu, keluargamu, keluarga dari keluargamu. Tapi, ketika bertemu secara langsung, mereka akan bersikap baik dan sopan.

”Jadi, tidak usah dengarkan kata orang, fokus ke diri sendiri. Jadikan hal buruk itu jadi sesuatu yang baik nanti di pertandingan,’’ papar McMenemy. Dia tidak melarang pemainnya gunakan medsos. Syaratnya, jangan pernah terpengaruh. ’’Jadi, tetap tenang, fokus saja,’’ ungkapnya.

Hal lain yang dilakukan McMenemy untuk melindungi anak asuhnya adalah menghindari sorotan kamera media. Bahkan, dia secara tegas melarang pemainnya berkomentar apa pun dalam sesi latihan terakhir di Stadion Utama Gelora Bung Karno kemarin (9/9). ’’Biarkan mereka fokus. Sekali lagi jangan salahkan para pemain, Andritany, atau Rizky, dan siapa pun dalam tim. Kalau kalian butuh siapa yang harus disalahkan, salahkan saya. Saya yang bertanggung jawab di tim ini,’’ tegasnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : rid/bas

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads