alexametrics
Liga 1 2019

Persebaya vs Madura United: Krisis Tamu Belum Tentu Keuntungan

10 Agustus 2019, 12:00:52 WIB

JawaPos.com – Madura United menjadi lawan yang paling akrab dengan Persebaya Surabaya. Sepanjang tahun 2019, kedua tim sudah empat kali bertemu dalam laga bertajuk derby Suramadu. Hasilnya, Green Force -julukan Persebaya- masih unggul. Mereka menorehkan dua kemenangan, satu hasil imbang dan satu kekalahan.

Sore nanti kedua tim akan kembali saling jegal di stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya (live Indosiar pukul 15.30 WIB). Persebaya jelas ingin mempertahakan rekor apiknya kala bersua Madura United di pertemuan kelima tahun ini. Karena itu, kemenangan menjadi target utama untuk membuat Persebaya kian superior dihadapan tim berjuluk Los Galacticos itu.

Persebaya Surabaya

Saking seringnya bertemu, pelatih Persebaya Djadjang Nurdjaman sudah paham betul karakter permainan Madura United. “Bukan hanya saya. Madura Unuted juga pasti sudah paham karakter kami,” kata pelatih yang akrab disapa Djanur itu.
Karena bermain di kandang, Green Force ingin meneruskan tren positif usai menang 1-0 atas Perspura Jayapura (2/8).

“Kami ingin bersaing di papan atas,” terang Djanur. Saat ini, Persebaya ada di tangga ke-6 dengan torehan 17 poin.
Kans meraih hasil maksimal kian terbuka. Sebab, tim tamu datang dengan kondisi pincang. Ada tujuh pemain Laskar Sape Kerrab -julukan Madura United- yang absen. Enam diantaranya akibat cedera. Mereka adalah Zahrahan Krangar, Fandry Imbiri, Alfath Fathier, Greg Nwokolo, Asep Berlian dan Andik Vermansah. Sementara Jaimerson Xavier terkena akumulasi kartu.

Kondisi itu bisa saja kian parah. Sebab, Madura United masih menunggu kondisi Aleksandar Rakic. Pemain asal Serbia itu masih mengalami cedera hamstring. “Saya masih tunggu rekomendasi dari dokter,” kata Dejan Antonic, pelatih Madura United. Dia berharap Rakic segera pulih. Maklum, pemain 32 tahun itu memang menjadi andalan di lini depan dengan torehan lima gol.

Meski begitu, Dejan sama sekali tidak gentar. Dia sudah menyiapkan pemain pengganti. “Semua pemain yang saya siapkan pasti akan berikan 100 persen di lapangan,” katanya. Di belakang, Dejan kemungkinan menurunkan duet Fachrudin Aryanto dan Guntur Ariyadi Sementara di lini depan, jika Rakic absen, masih ada Alberto Goncalves. Dia sudah mengemas empat gol. “Kalau diberi kesempatan, saya pasti berikan yang terbaik,” katanya.

Karena itu, kondisi limbung tim tamu tak lantas membuat Persebaya berani sesumbar. Djanur memang menargetkan tiga poin. Tapi, pelatih 60 tahun itu menilai bukanlah perkara mudah mewujudkan target tersebut. Meski tim tamu ditinggal banyak pemainnya. “Kalaupun banyak yang absen, mereka masih punya materi pemain kelas atas,” katanya.

Apalagi, kondisi Persebaya sejatinya setali tiga uang. Green Force tak bisa tampil dengan kekuatan penuh. Bedanya, hanya dua pemain yang absen. Yakni Hansamu Yama dan Otavio Dutra yang terkena akumulasi kartu. Untuk menambal lini belakang, Djanur sudah menyiapkan duet Liga 2 2017, M. Syaifuddin dan Andri Muliadi. “Saya pikir Andri dan Syaifuddin bisa tampil bagus,” kata pelatih asal Majalengka itu.

Dengan duet Andri dan Syafuddin, artinya Rachmat ‘Rian’ Irianto bisa kembali tampil sebagai gelandang jangkar. Hal itu sudah dicoba dalam latihan pemungkas di lapangan Jenggolo, Sidoarjo, kemarin pagi. Djanur memang tak mau ambil risiko. Sebab, penampilan Rian sebagai gelandang bertahan cukup oke. Dari delapan laga, pemain 19 tahun itu mencatatkan satu gol, 13 intersep dan 20 sapuan.

Madura United

Nah, karena sama-sama pincang, Dejan cukup menyesal. Sebab, dia menilai laga derby seharusnya dipenuhi pemain utama di setaip tim. Meski begitu, dia tetap yakin anak asuhnya bisa memberikan perlawanan sengit. “Kami ingin mencuri poin di sini (Surabaya) untuk memudahkan tim tetap bersaing menjadi juara,” kata pelatih asal Serbia itu.

 

Perkiraan Pemain

Persebaya (4-3-3): 33-Miswar (g); 2-Novan Setya, 44-Andri Muliadi, 28-M. Syaifuddin, 14-Ruben Sanadi; 10-Damian Lizio, 13-Rachmat Irianto, 6-M. Solikin; 41-Irfan Jaya, 9-Amido Balde, 20-Osvaldo Haay

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

 

Madura United (4-3-3): 20-M. Ridho (g); 22-Marckho Sandy, 26-Fachrudin, 2-Guntur, 6-Andik Rendika; 10-Slamet Nurcahyo, 35-Zulfiandi, 17-Syahrian; 91-David Laly, 90-Beto, 7-Engelbert Sani

Pelatih: Dejan Antonic

 

Stadion: Gelora Bung Tomo, Surabaya

Live: Indosiar pukul 15.30 WIB

 

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : Gus/bas

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads