alexametrics
Piala Gubernur Jatim 2020

Persebaya vs Persik: Habis-habisan Meski tanpa Skuad Ideal

10 Februari 2020, 07:30:10 WIB

JawaPos.com – Tidak ada waktu istirahat bagi Persebaya Surabaya. Tim berjuluk Green Force itu baru saja melumat Sabah FA dengan skor 3-1 di laga uji coba di Stadion Gelora Bung Tomo Sabtu malam (8/2). Setelah itu, Persebaya tetap menggelar latihan di lapangan Polda Jatim kemarin sore.

Nah, tak cukup di situ. Sore ini Green Force kembali bertanding. Kali ini di laga pembuka turnamen pramusim Piala Gubernur Jatim (PGJ) 2020 dengan menghadapi Persik Kediri di Stadion Gelora Bangkalan (live MNCTV pukul 15.30 WIB).

Meski berstatus laga pembuka, kedua tim dipastikan tak akan tampil dengan kekuatan penuh. Persebaya bakal melakukan rotasi besar-besaran. Alasannya, tentu saja karena pemain masih kelelahan seusai menghadapi Sabah FA. Pelatih Persebaya Aji Santoso ogah ambil risiko. Dia akan mengandalkan para pemain yang tidak turun dalam laga kontra Sabah FA. ”Saya akan rotasi semua pemain. Saya perlu itu. Karena saya tidak ingin pemain cedera akibat kelelahan,” tutur pelatih 49 tahun tersebut.

Pemain kunci seperti David da Silva, Aryn Williams, hingga Irfan Jaya mungkin ditepikan. Aji akan memilih pemain yang lebih fresh. Sebut saja Bayu Nugroho atau Patrich Wanggai yang baru turun di babak kedua dalam laga kontra Sabah FA. Belum lagi, masih ada Hambali Tholib, Nasir, dan Alwi Slamat yang dalam laga kontra Sabah tidak dimainkan sama sekali. Nama-nama tersebut punya kans besar menjadi starter dalam laga sore nanti.

Selain itu, beberapa pemain masih harus menepi. Zoubairou Garba dan Oktafianus Fernando masih dibekap cedera. ”Mereka masih ada rasa sakit. Jadi, belum bisa turun,” jelas Aji. Selain itu, Hansamu Yama belum bergabung setelah melaksanakan umrah. Para pemain muda Persebaya pun siap untuk dimainkan. ”Kalau dikasih kesempatan, saya akan tunjukkan yang terbaik,” kata Zulfikar Ahmad, gelandang Persebaya.

Kondisi serupa dialami Persik. Tim berjuluk Macan Putih itu bahkan belum bisa menurunkan semua pemain asingnya. Padahal, dua pemain asing, Ante Bakmaz (Australia) dan Gaspar Vega (Argentina), ikut dalam rombongan di Bangkalan. ”Tapi, saya tidak mau memaksakan. Mereka kan baru datang juga. Kalau dipaksakan (tampil), nanti malah bisa berakibat fatal,” jelas Joko Susilo, pelatih Persik Kediri.

Meski tidak menurunkan skuad terbaik, kedua tim dipastikan tetap bakal habis-habisan. ”Saya melakukan rotasi bukan karena Piala Gubernur Jatim tidak penting. Tapi, saya juga banyak mempertimbangkan hal lainnya,” jelas Aji. Apalagi, Aji memang tak mau meremehkan Persik. Meski, tim lawan berstatus sebagai tim promosi. Justru Aji memuji penampilan Persik di Liga 2 musim lalu. ”Mereka tampil mendominasi di Liga 2 kemarin. Jadi, kami tidak boleh meremehkan,” tegasnya.

Joko Susilo punya penilaian yang sama. Dia menganggap Persebaya sebagai lawan yang berat. Meski, dia tahu bahwa Green Force tidak akan tampil dengan kekuatan terbaik. ”Performa mereka bagus sekali sejak dipegang coach Aji. Pembelian pemain juga sangat efektif,” terang pelatih yang akrab disapa Gethuk tersebut. Karena itu, dia tak mau sesumbar dalam laga sore nanti. Apalagi, dia tahu bahwa timnya belum siap benar. ”Boleh dibilang kekuatan kami baru 50 persen. Tidak ada pemain asing. Pemain baru juga masih butuh menjalin chemistry,” katanya.

Perkiraan Pemain

Persebaya (4-3-3): 20-Rivky Mokodompit (g); 33-Koko Ari Araya, 24-Arif Satria, 32-Rizky Ridho, 13-Rachmat Irianto (c); 12-Rendi Irwan, 88-M. Alwi Slamat, 17-Riky Kambuaya; 92-Bayu Nugroho, 27-Patrich Wanggai, 89-Hambali
Pelatih: Aji Santoso

Persik (3-4-3): 1-Fajar Setya (gk); 5-Vava Mario Yagalo, 3-Andri Ibo, 14-Munhar; 22-Ibrahim Sanjaya, 11-Adi Eko Jayanto, 45-Eka Sama Prasetya, 3-Dany Saputra; 93-Galih Akbar, 13-Faris Aditama (c), 17-Ronaldo Rubener Wanma
Pelatih: Joko Susilo

Stadion: Gelora Bangkalan
Live: MNCTV pukul 15.30 WIB

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads