alexametrics
Piala Gubernur Jatim 2020

Pasukan Remaja Persebaya Sudah Cukup buat Habisi Juara Liga 2

10 Februari 2020, 17:29:04 WIB

JawaPos.com – Keputusan berani diambil pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso dengan memainkan pasukan muda dalam laga pembuka Piala Gubernur Jatim 2020 melawan Persik Kediri. Mereka menang 3-1 dalam laga grup A di Stadion Gelora Bangkalan sore tadi.

Ya, pasukan remaja. Itu cocok menggambarkan skuad Persebaya yang dimainkan melawan Persik, sang juara Liga 2. Komposisi lini belakang dihuni Rachmat ”Rian” Irianto, 20 tahun, dan Rizky Ridho, 18, di jantung pertahanan ditemani Koko Ari, 20, di bek kanan, dan Abu Rizal Maulana, 25, di bek kiri.

Sudah begitu, penentu kemenangan melalui kaki pemain belia seperti Supriadi, 17, dan Hambali Tolib, 19. Supriadi menjadi pembuka kemenangan melalui golnya pada menit ke-19 dan pada menit ke-42, Hambali mencetak gol melalui sepakan bebas.

Lalu, satu gol lainnya dicetak Alwi Slamat melalui titik penalti pada menit ke-45+1 setelah Ricky Kambuaya ditekling Ante Bakmaz di area terlarang. Selama babak pertama, Persebaya begitu dominan. Baru pada babak kedua, Persik memperkecil ketertinggalan melalui tandukan Bakmaz (50’).

Meski unggul kali ini, masih ada catatan penting bagi Aji. Yakni, kemampuan bertahan dalam situasi bola mati. Setelah pertandingan uji coba melawan Sabah FA (8/2), di mana Persebaya kebobolan melalui situasi bola mati, yakni sepak pojok. Kini terulang lagi.

Berawal dari sepak pojok Faris Aditama, Bakmaz mampu memenangi pertarungan bola udara dan menjebol gawang Persebaya yang dikawal Rivky Mokodompit. PR bagi Aji karena situasi itu bisa dimanfaatkan lawan-lawan di Liga 1 nantinya. Apalagi, Persebaya tanpa bek tengah asing.

Di luar problem itu, para pemain muda Persebaya menunjukkan kualitas yang menjanjikan. Kombinasi Patrich Wanggai dan Supriadi di lini serang cukup apik. Hanya, Bayu Nugroho yang tampak belum menyatu dengan permainan Green Force.

Lalu, di lini tengah, Alwi Slamat, Ricky Kambuaya, dan Hambali cukup solid. Meski jarak antara pertahanan dengan lini tengah tampak renggang, tapi Persebaya mampu mengatasi pertarungan di lini tengah dengan sangat baik atas para gelandang Persik.

Pada pertengahan babak kedua, Persebaya memasukkan beberapa pemain utamanya, seperti Mahmoud Eid, David da Silva, dan Makan Konate. Selain itu, Aji juga memainkan kiper muda Ernando Ari pada menit akhir menggantikan Rivky.

Ini modal berharga bagi Persebaya untuk melakoni pertandingan berikutnya melawan Bhayangkara FC (12/2) di Piala Gubernur Jatim 2020. Selain itu, nantinya di Liga 1, Persebaya juga akan memainkan laga pembuka melawan Persik di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya (29/2).

Editor : Mohammad Ilham

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads