alexametrics
Pramusim Liga 1 2020

Tanpa Legiun Asing, Pemain Muda Dimainkan saat Persebaya Hadapi Persis

10 Januari 2020, 17:00:23 WIB

JawaPos.com – Persebaya Surabaya memanfaatkan betul pertandingan uji coba melawan Persis Solo besok. Hanya pemain asing yang absen. Selain itu, para pemain yang sudah bergabung akan dimainkan. Pelatih Aji Santoso juga memastikan akan memaksimalkan tenaga para pemain muda Green Force.

”Kecuali pemain asing, semua pemain yang kini sudah bergabung akan saya mainkan semua,” kata Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso terkait persiapan untuk pertandingan di Gelora Bung Tomo, Surabaya, besok.

Persebaya Surabaya

Saat ini, Persebaya telah memiliki tiga pemain asing. Dua amunisi lama, David Da Silva dan Aryn Williams, serta satu pemain anyar berpaspor Palestina Mahmoud Eid. Dari tiga nama tersebut, baru Mahmoud yang sudah bergabung dalam latihan Persebaya. Meski begitu, Aji memutuskan tidak akan menyertakannya dalam laga uji coba dengan Persis.

Mantan pelatih Persela Lamongan tersebut tidak ingin Mahmoud cedera. Sebab, pemain 26 tahun tersebut saat ini masih dalam taraf adaptasi dengan cuaca dan kondisi di Indonesia. Juga beradaptasi terkait pola tidur. ”Saya tidak akan paksakan Mahmoud. Kalau dipaksakan bakal rawan cedera. Kami tidak mau merugi,” ujar Aji.

Jika Mahmoud bakal diistirahatkan, tidak demikian dengan pemain-pemain baru yang bergabung Persebaya. Arif Satria, Bayu Nugroho, dan Patrich Wanggai bakal diberi tempat untuk unjuk kebolehan di depan Bonek. Begitupula dengan enam pemain muda yang dimiliki tim asal Kota Pahlawan tersebut. Enam pemain itu adalah Ernando Ari Sutaryadi, Rizky Ridho, Koko Ari Araya, M. Kemaluddin, Akhmad Zulfikar, dan Supriadi.

”Seperti Supriadi, saya kan belum pernah melihatnya bermain. Maka, dia dan para pemain muda akan saya mainkan. Saya ingin melihat permainan sekaligus memberi pengalaman untuk mereka,” papar Aji.

Selama memimpin Persebaya dalam sembilan laga musim 2019 lalu, pelatih asal Malang itu memang baru sempat memberi menit bermain kepada Koko Ari. Sedang, tiga amunisi Persebaya U-20 lainnya, Supriadi, Zulfikar, dan Kemaluddin, yang sudah tergabung di tim senior belum sempat dimainkan. Kesempatan yang sama juga akan diberikan kepada dua pemain Persebaya U-20 yang musim ini promosi ke tim senior: Ernando yang bermain sebagai kiper dan Rizky Ridho (bek tengah).

Aji menegaskan uji coba melawan Persis bukan semata untuk menghibur Bonek yang sudah rindu tribun. Mantan pelatih Arema Malang tersebut juga ingin memanfaatkannya untuk membangun chemistry antarpemain lama dengan yang baru. ”Kami ingin satu pemain dengan yang lainnya bisa segera nyetel. Kami akan optimalkan betul uji coba lawan Persis untuk itu,” sebutnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : fim


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads