alexametrics

Dinilai Punya Potensi, Persiraja Dilamar 3 Pelatih Asing Sekaligus

10 Januari 2019, 11:30:01 WIB

JawaPos.com – Persiraja Banda Aceh sudah mulai bergerak mempersiapkan diri untuk menghadapi kompetisi Liga 2 2019. Tahapan pertama yang dilakukan Persiraja adalah mendapatkan pelatih yang cocok. Dari 13 kandidat pelatih anyar, 3 di antaranya merupakan pelatih asing.

Sebelumnya, 10 nama calon pelatih lokal telah diumumkan di lama resmi Persiraja, persiraja.id. Selain 10 nama itu, ternyata ada tiga nama pelatih asing yang juga melamar untuk menjadi juru latih tim berjuluk Laskar Rencong.

Sosok pertama adalah Hans-Peter Schaller. Pelatih berlisensi UEFA Pro ini berasal dari Austria dan pernah menjadi asisten mantan pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl. Terakhir, Hans-Peter Schaller pernah menangani Bali United pada 2017.

Nama kedua datang dari Brasil. Dia adalah Wanderley Machado. Pernah menjadi juru taktik salah satu tim terbaik Indonesia, Persipura (2017). Pada tahun yang lalu, Wanderley melatih Persiba Balikpapan dan Perserui Serui.

Pelatih asing ketifa yang melamar ke Persiraja adalah Esteban Guillen. Mantan pemain Timnas U-17 Uruguay itu juga pernah merumput bersama salah satu tim kuat Argentina, River Plate (2002). Pria asal Uruguay ini baru saja selesai meramu Montevideo.

Kabar ini diperoleh Rakyat Aceh (Jawa Pos Group) dari Presiden Persiraja, Nazaruddin ‘Dek Gam’. Dia mengapresiasi minat ketiga pelatih asing tersebut untuk berkerjasama. Hal tersebut menunjukkan Persiraja merupakan salah satu tim yang memiliki potensi besar.

“Ini menunjukkan bahwa Persiraja merupakan salah satu tim di Liga 2 Indonesia yang dikelola dengan baik. Berkaca dari musim lalu, kita memiliki rasa kekeluargaan yang luar biasa. Selain itu, ekonomi klub stabil,” tuturnya, Rabu (9/1).

Selain itu, Dek Gam melihat manajemen punya tekad besar untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat Aceh. Terutama mereka yang sangat berharap tim dengan sejarah panjang di Indonesia ini tembus ke kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

“Persiraja dikelola dengan serius. Orang-orang bisa melihat dan menilai sendiri bagaimana kerja keras semua pihak untuk memenuhi target mulia itu. Namun tentu semuanya butuh proses. Maka, para pelatih di luar sana pun barangkali tertarik karena Persiraja punya target yang jelas,” tutur Dek Gam.

Lebih jauh, dirinya bersama manajemen akan mempertimbangkan lamaran para pelatih yang sudah masuk. Semua akan berembuk, mempelajari secara seksama visi dan misi setiap pelatih. Kemudian akan dicocokkan dengan Persiraja. Setelah itu baru diputuskan apakah dipilih atau tidak.

Sedangkan bagi 10 calon pelatih yang sudah diumumkan sebelumnya juga sudah dibangun komunikasi. Seperti dengan Akhyar Ilyas, Alfredo Vera, Herry Kiswanto, Ricky Nelson, Anwar, Marwal Iskandar, Ansyari Lubis, Simon Pablo Eslissetche, Hendro Susilo, dan Abdul Rahman Gurning. Nantinya manajemen akan memutuskan pilihan, siapa yang paling layak menahkodai Persiraja pada musim 2019.

Editor : Agus Dwi W

Reporter : (icm/rif)

Dinilai Punya Potensi, Persiraja Dilamar 3 Pelatih Asing Sekaligus