alexametrics

Dijadikan Anak Negara, Timnas U-16 Diusulkan Tak Dilepas ke Klub

10 Januari 2019, 13:31:41 WIB

JawaPos.com – Asprov PSSI Jawa Timur (Jatim) berencana membawa isu tentang Tim Nasional (Timnas) U-16 Indonesia dalam Kongres Tahunan PSSI nanti. Mereka berharap Timnas U-16 tidak dilepas ke klub.

Timnas U-16 memang paling berprestasi dibandingkan Timnas U-19, Timnas U-23 dan Timnas senior. Sejumlah prestasi mereka capai di bawah arahan Fakhri Husaini. Puncaknya ketika Timnas U-16 berhasil menjuarai Piala AFF U-16 2018.

“Kami akan usulkan di Kongres agar Timnas U-16 yang sudah luar biasa ini, dipelihara menjadi anak-anak negara,” ucap Ketua Asprov PSSI Jatim Ahmad Riyadh kepada awak media beberapa waktu lalu.

Menurut mantan wakil Ketua Komite Banding (Komding) PSSI ini, Timnas U-16 harus disatukan dalam sebuah tim hingga memasuki jenjang U-23. Riyadh mengibaratkan Timnas U-16 sebagai ‘pasukan khusus’ untuk membela negara.

“Jangan pernah dilepas ke klub. Nanti mereka bisa terkontaminasi oleh kepentingan bisnis dan sebagainya,” imbuh pria yang berprofesi sebagai lawyer itu.

Saat ini, Timnas U-16 sedang terikat pada sebuah proyek yang bernama Garuda Select. Mereka akan diterbangkan ke Inggris untuk menjalani pemusatan latihan. Bagi Riyadh, ini adalah langkah yang bagus.

Jika perlu, ketika usianya sudah mulai matang, Timnas U-16 bisa diikutkan kompetisi. “Mereka bisa diikutkan kompetisi Liga 3 atau Liga 2. Tetapi mereka tetap dijadikan satu klub,” tuturnya.
 
 

Editor : Agus Dwi W

Reporter : Muhammad Syafaruddin



Close Ads
Dijadikan Anak Negara, Timnas U-16 Diusulkan Tak Dilepas ke Klub