alexametrics
Liga 1 2019

Bonek Bisa Nonton Tira Persikabo vs Persebaya asalkan tanpa Atribut

9 November 2019, 12:00:11 WIB

JawaPos.com – Komisi disiplin (komdis) sudah menjatuhkan sanksi berupa pertandingan tanpa penonton bagi Persebaya Surabaya. Baik di laga home maupun away. Larangan tersebut berlaku hingga akhir musim. Namun, sanksi itu tidak menggoyahkan militansi Bonek.

Persebaya Surabaya

Buktinya, kemarin siang (8/11) ratusan Bonek terlihat di sekitar Stadion Pakansari, Bogor. Identitas Bonek tampak dari atribut yang mereka kenakan.
Nah, karena Persebaya sudah dijatuhi sanksi bermain tanpa suporter, manajemen tim berjuluk Green Force tersebut meminta Bonek tidak memaksa masuk stadion. Itulah yang disampaikan Fans Relation Manager Persebaya Sidik Tualeka. ’’Sudah banyak hal positif yang dilakukan Bonek. Jangan dinodai tindakan beberapa orang yang tidak bertanggung jawab,’’ kata Alek, sapaan akrab Sidik Tualeka. ’’Jumlah yang datang ini juga tidak masif. Saya yakin tidak akan mengganggu jalannya pertandingan,’’ lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Panpel Jumsin Sobri menjelaskan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan LOC dan kepolisian terkait dengan kehadiran Bonek di sekitar stadion. Pihaknya telah melakukan upaya persuasif untuk meminta Bonek pergi dari area Stadion Pakansari. ’’Kami bubarkan pelan-pelan, tidak keras. Kami bubarkan sebelum menunggu semakin banyak. Kalau makin banyak, nanti membubarkannya susah,’’ ungkap Jumsin.

Dini hari tadi dilakukan sweeping dari kepolisian dengan dibantu pihak keamanan stadion. Jumsin berharap Bonek bisa mengerti dengan situasi yang ada. ’’Kami ingin menjaga pertandingan bisa berjalan tertib dan aman,’’ ujarnya.

Pihaknya juga tidak akan menghadirkan layar besar di luar stadion untuk Bonek. Menurut dia, layar besar bakal membuat jumlah Bonek yang datang makin banyak. ’’Itu sama artinya kami membiarkan mereka datang ke sini,’’ tegasnya.

Jumsin menuturkan, jika ingin menonton, Bonek diwajibkan membeli tiket. Selain itu, Bonek harus mau menanggalkan atribut dan simbol-simbol berbau Persebaya. ’’Jadi, pakaian biasa tanpa embel-embel Bonek dan Persebaya. Kalau bertiket dan tidak melanggar tata tertib, kami perbolehkan masuk,’’ tuturnya.

Media and Public Relation Manager PT LIB Hanif Marjuni sepakat dengan Jumsin. Bonek harus melepas atribut jika ingin menonton laga. ’’Pertandingan juga tetap jalan asalkan tidak ada nyanyian rasis di dalam. Kami tidak bisa membatasi nyanyian dukungan terhadap Persebaya asalkan tidak pakai atribut,’’ papar Hanif.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : Rid

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads