alexametrics
Liga 1 2019

Pasukan Timnas Sudah Kembali Sebelum Persebaya Lawan Kalteng Putra

9 September 2019, 17:00:32 WIB

JawaPos.com – Sudah tiga hari skuad Persebaya Surabaya melakoni dua kali latihan dalam sehari. Pola itu merupakan hal baru bagi skuad Green Force, julukan Persebaya,. Meski begitu, para pemain tidak keberatan.

Gelandang M. Hidayat menyatakan tidak terganggu dengan pola latihan baru tersebut. Kondisi fisiknya juga tidak terkuras. ’’Soalnya, pelatih kan juga tahu porsi latihannya seperti apa,’’ kata pemain 23 tahun itu. Ketika pagi, latihan yang diberikan tidak terlalu berat. Baru ketika sore latihan taktikal dengan intensitas tinggi digeber.

Persebaya Surabaya

Kemarin skuad Persebaya diliburkan. Namun, tetap ada kegiatan. Para pemain melakoni contrast bath. Tujuannya, melepas penat setelah rutin berlatih berat. Latihan dimulai lagi hari ini. Sayangnya, Green Force masih ditinggal delapan pemainnya yang memperkuat timnas di berbagai kelompok umur.

Meski begitu, asisten pelatih Wolfgang Pikal enggan khawatir. Sebab, beberapa pemain dipastikan kembali sebelum laga kontra Kalteng Putra Jumat (13/9). Irfan Jaya, Hansamu Yama, Otavio Dutra, dan Ruben Sanadi akan kembali setelah membela timnas kontra Thailand pada Selasa (10/9).

Sayang, Pikal belum berani memastikan apakah timnya diperkuat Osvaldo Haay dan Rachmat Irianto atau tidak. Sebab, keduanya saat ini masih tergabung dalam skuad timnas U-23. Skuad yang turun dalam ajang SEA Games di Filipina akhir November. ’’Saya belum ada kabar dari manajemen. Tapi, insya Allah mereka bisa main (lawan Kalteng Putra),’’ kata pelatih berdarah Austria itu.

Sejak Pikal datang, dia belum pernah melatih para pemain yang dipanggil timnas secara langsung. Padahal, mereka merupakan langganan starter di skuad Persebaya. Karena itu, Pikal tidak mau buru-buru menentukan line-up jelang melawan Kalteng Putra. ’’Saya masih harus diskusi dengan Bejo (Sugiantoro), termasuk dengan Alfred Riedl juga,’’ jelas pelatih 51 tahun itu.

Lagi pula, dia juga belum tahu siapa saja yang bisa turun. Sebab, masih ada Manuchekhr Dzhalilov yang memperkuat timnas Tajikistan. Dia baru kembali setelah laga kontra Mongolia Selasa (10/9). ’’Saya berharap dia bisa datang dalam dua atau tiga hari setelah membela timnasnya,’’ papar Pikal. Artinya, Dzhalilov bisa langsung terbang ke Palangka Raya. Sebab, hanya ada jeda tiga hari antara jadwal timnas Tajikistan dan laga kontra Kalteng Putra.

Kalaupun absen, Pikal tidak panik. Masih ada opsi winger yang cukup melimpah. Kondisi Oktafianus Fernando dan Elisa Basna fit. Belum lagi Irfan Jaya yang sudah kembali dari timnas. Dia adalah top scorer sementara Persebaya dengan torehan tujuh gol.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads