alexametrics
Liga 1 2019

Laga Akbar Persija vs Persib di SUGBK Dijaga 12 Ribu Personel Keamanan

9 Juli 2019, 17:15:47 WIB

JawaPos.com – Pertandingan Persija Jakarta versus Persib Bandung akhirnya digelar lagi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta (10/7). Ini kali pertama kedua tim bertanding di stadion paling megah di tanah air itu sejak 2014.

Selama ini, lokasi pertandingan selalu dipindah karena persoalan perizinan pihak keamanan. Misalnya, tahun lalu. Saat jatah kandang Persija, pertandingan digelar di Stadion PTIK, Jakarta, yang merupakan kandang Bhayangkara FC. Pada 2017, Persija menjamu Persib di Stadion Manahan, Solo.

Dengan kapasitas stadion yang besar dan rivalitas kedua tim yang kental, keamanan menjadi fokus utama. Panpel pun mengerahkan 12.400 personel keamanan. Jumlah tersebut naik dua kali lipat jika dibandingkan dengan pertandingan biasa. Keamanan terdiri atas gabungan personel polisi, TNI, dishub, dan satpol PP.

Persija Jakarta

CEO Persija Ferry Paulus mengatakan, akan ada penerapan pengamanan berlapis dalam pertandingan besok. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan. Dalam area ring empat, tiket harus sudah ditunjukkan.

’’Pengamanan berlapis ini untuk mengidentifikasi siapa saja yang berhak masuk ke stadion. Selain itu, dilakukan pemeriksaan badan, barang bawaan, dan lainnya,’’ kata Ferry.

Saat pertandingan, ada empat pintu area SUGBK yang dibuka. Yakni, pintu 10 (seberang TVRI), pintu 11 (seberang Hotel Mulia), pintu 5 (FX Sudirman), dan pintu 7 (dekat Stasiun MRT Istora). Sedangkan pintu 1 (Jalan Asia Afrika) hanya bisa dilewati pejalan kaki.

Sementara itu, Security Officer Persija Dicky Milano menyatakan, akses masuk akan diperketat. Untuk keamanan tim tamu, Dicky memastikan cukup ketat atas permintaan pihak kepolisian. Tim Persib berada di Jakarta sejak kemarin. ’’Tidak seperti tim-tim lainnya, jadi ada rantis. Kemudian, ada patrol dan Brimob. Mudah-mudahan sampai hari kepulangan semua lancar,’’ kata Dicky.

Persib Bandung

Dengan semua usaha manajemen, Dicky berharap hal itu bisa dijaga dengan baik, terutama oleh Jakmania. ’’Mari sama-sama saling menjaga keamanan, kelancaran, dan ketertiban. Kita patut bersyukur karena panpel diberi izin menggelar pertandingan di sini,’’ imbuh Dicky.


Persembahan untuk Suporter Indonesia

Pada ulang tahun ke-70, Jawa Pos mempersembahkan logo khusus untuk suporter sepak bola Liga 1. Logo-logo tersebut kreasi dari tim desain dan ilustrasi Jawa Posdalam menerjemahkan filosofi klub serta para pendukungnya. Logo-logo itu dapat diunduh secara bebas di link berikut ini: https://logofansfc.jawapos.com/

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gil/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads