alexametrics

Pelatih Persebaya: Saya sudah Tahu Bagaimana Taktik Coach Robert

8 Desember 2021, 20:13:14 WIB

JawaPos.com-Seri ketiga Liga 1 2021–2022 masih berjalan mulus bagi Persebaya Surabaya. Dari empat laga, tim berjuluk Green Force tersebut meraih tiga kemenangan dan satu hasil imbang.

Performa impresif itu ingin diteruskan kala bersua Persib Bandung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, malam nanti (live Indosiar pukul 20.45 WIB).

’’Kami ingin menutup seri ketiga sekaligus putaran pertama dengan hasil maksimal,’’ kata pelatih Persebaya Aji Santoso kepada Jawa Pos.

Laga kontra Persib memang jadi penutup bagi Persebaya di putaran pertama. Sebab, laga pekan ke-17 kontra Bali United baru akan digelar pada seri keempat. ’’Persiapan tim sudah sangat bagus. Semua pemain dalam kondisi siap,’’ tambah Aji.

Masalahnya, bukan perkara mudah meneruskan tren positif. Sebab, Persib juga tengah dalam motivasi tinggi. Tim berjuluk Maung Bandung itu baru saja mengalahkan Madura United 1-0 (4/12).

Belum lagi pada pertemuan terakhir di Piala Menpora 2021, Persebaya kalah 2-3 oleh Persib. Tapi, dari situ Aji sudah banyak belajar. ’’Saya sekarang sudah tahu bagaimana taktik coach Robert. Intinya, kami tidak boleh melakukan kesalahan mendasar,’’ jelas Aji.

Aji memastikan laga akan berjalan seru. Sebab, kedua tim memiliki statistik yang mentereng. Persebaya merupakan tim paling produktif dengan mencetak 26 gol. Sementara itu, Persib adalah tim dengan pertahanan terbaik. Maung Bandung baru kebobolan 9 gol.

Aji sama sekali tidak gentar dengan pertahanan Persib yang rapat. ’’Karena semua pemain kami bisa mencetak gol,’’ tegas mantan pelatih Arema FC itu.

Aji juga tidak takut dengan agresivitas pemain-pemain Persib. Sebab, lini belakang Persebaya juga sedang solid. Green Force selalu mencatatkan clean sheet dalam empat laga pemungkas.

’’Tapi, saya akan tetap menerapkan sepak bola menyerang. Saya juga yakin coach Robert tidak akan senang bermain defensif. Jadi, saya yakin laga ini akan ada (banyak) gol tercipta,’’ beber bapak lima anak tersebut.

Pelatih Persib Robert Rene Alberts tahu Persebaya akan keluar menyerang. Tapi, sebagai tim dengan pertahanan terbaik, pelatih asal Belanda itu pede bisa meredam serangan Persebaya.

’’Saya tahu Persebaya punya pemain yang sangat bagus. Tapi, kami akan berusaha untuk tetap mencetak gol, sembari tidak kebobolan di lini belakang. Saya tahu itu sulit, makanya ini akan jadi laga yang menarik,’’ terang mantan pelatih PSM Makassar itu.

Saat ini Taisei Marukawa jadi pemain Green Force yang paling berbahaya. Dia sudah mengemas tujuh gol dan empat assist. Bek Persib Ahmad Jufriyanto tahu Marukawa sangat berbahaya. Tapi, dia sama sekali tidak takut menghadapi winger asal Jepang tersebut.

’’Jangan biarkan Taisei masuk ke lini pertahanan. Kalau bisa, kami harus lebih banyak menguasai bola. Dengan begitu, mereka tidak punya chance untuk menyerang,’’ kata bek 34 tahun itu.

Tapi, Persebaya punya lini tengah yang juga bisa mengancam. Marselino Ferdinan sejauh ini sudah mengemas dua gol. Gol terakhir dicetak saat Persebaya menang 2-0 atas Barito Putera (4/12). Gelandang 17 tahun itu mengaku sudah sangat siap menghadapi Persib untuk kali pertama.

’’Memang ada agak sedikit nervous, tapi itu bisa diatasi dengan banyak komunikasi dengan teman-teman di lapangan,’’ jelasnya.

Sayang, di lini tengah Persebaya tidak diperkuat M. Alwi Slamat. Gelandang 24 tahun itu absen akibat akumulasi kartu. Meski begitu, Aji sudah menyiapkan solusi.

’’Kemungkinan kalau nggak Rendi (Irwan) ya Hambali (Tholib) yang saya pasang menggantikan Alwi. Kami lihat sampai persiapan terakhir nanti,’’ jelas pelatih asal Kepanjen, Kabupaten Malang, itu.

Aji menyebut Rendi dan Hambali dalam kondisi bagus. ’’Siapa pun yang diturunkan harus bisa tampil maksimal,’’ pungkasnya.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gus/c17/ali

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads