alexametrics
SEA Games 2019

Ice Bath Jadi Solusi untuk Recovery Timnas U-23 Menjelang Final

8 Desember 2019, 09:00:49 WIB

JawaPos.com – Jadwal laga di SEA Games 2019 benar-benar padat dan melelahkan. Nyaris setiap dua hari sekali, Garuda Muda harus menjalani pertandingan yang ketat dan menguras energi. Situasi tersebut jelas memengaruhi kebugaran pemain. Nah, urusan kebugaran tersebut menjadi tugas dokter Syarif Alwi dan dua fisioterapis, Asep Azis serta Immanuel Maulang.

Selain itu, ada masseur Armin Suhaedin yang membantu merelaksasi otot tegang penggawa timnas U-23. Merekalah yang bertugas mengembalikan kebugaran pemain menyongsong laga semifinal kemarin.

”Mereka kelihatan terlalu capek, malam ini (tadi malam, Red) biar mereka istirahat dulu. Baru besok pagi (hari ini) mereka bisa ice bath,” kata Syarif Alwi kepada Jawa Pos.

Treatment berendam air es juga dilakoni pasukan Garuda Muda setelah memastikan tempat di babak semifinal. Tim dokter menggunakan area di kolam renang tempat mereka menginap untuk menggelar bak rendam.

Tidak kurang dari enam karung es batu dibutuhkan untuk kebutuhan ice bath pemain. ”Masih ada jeda dua hari, kami coba mengembalikan tenaga mereka. Supaya bisa main seperti yang kayak tadi (kemarin, Red),” terang Dokter Papi, sapaan Syarif Alwi.

Tim dokter akan memberikan pijatan relaksasi dan fisioterapi buat para pemain yang mengalami kelelahan. Selain itu, suplemen khusus akan diberikan supaya mereka kembali greng di partai final.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : nap


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads