alexametrics

Gabung Staf Pelatih Timnas, Nova Ingin Belajar ke Shin Tae-yong

8 Januari 2020, 09:00:36 WIB

JawaPos.com – Setelah bertemu dan berdiskusi dengan PSSI, Nova Arianto akhirnya resmi masuk staf pelatih timnas Indonesia. Dia bakal menemani Indra Sjafri sebagai pelatih lokal untuk membantu kinerja Shin Tae-yong di tim Garuda. Kemarin (7/1) mantan pemain Persebaya dan Persib Bandung itu resmi menandatangani kontrak selama setahun.

Ditanya Jawa Pos setelah resmi menandatangani kontrak bersama PSSI, Nova menyatakan bersyukur. Dia senang bisa kembali mengabdi kepada Indonesia. ’’Ya, ini jadi tantangan. Saya akan berusaha secepatnya beradaptasi. Dari semua, mulai bahasa hingga kebiasaan coach Shin Tae-yong,’’ ujarnya.

Nova mengaku tidak masalah hanya dikontrak setahun. Bukan empat tahun seperti Shin Tae-yong. ’’Nanti ada opsi perpanjangan. Setahun dulu. Isi kontraknya normal semua,’’ paparnya.

Ditanya apakah ada tugas yang tertulis dalam kontrak, Nova mengatakan tidak ada. Namun, yang pasti, PSSI sudah menyiapkan tugas khusus di luar kewajiban yang diberikan Shin Tae-yong. ’’Secara spesifik memang belum dijelaskan tugas saya apa nanti di timnas. Tapi, secara khusus saya mendapat tugas mengurus statistik timnas,’’ tuturnya.

Lantas, apakah akan memegang timnas level usia? Nova belum mengerti. Hari ini rencananya dia masih bertemu dengan Indra Sjafri untuk membahas secara detail program-program yang akan diterapkan di timnas. ’’Lusa saya baru akan bertemu dengan coach Shin Tae-yong. Nanti posisi saya di mana pastinya menunggu keputusan Coach Shin Tae-yong,’’ ucapnya.

Dengan bergabungnya Nova, total staf kepelatihan untuk timnas Indonesia tujuh orang. Selain Shin Tae-yong serta Indra Sjafri dan Nova, nanti ada empat pelatih asal Korsel yang bakal membantu. ’’Nanti pembagian tugasnya tergantung keputusan Coach Shin Tae-yong seperti apa,’’ paparnya.

Bergabungnya Nova di timnas kali ini bukanlah yang pertama. Pelatih yang dulu mendapat julukan Suster Ngesot ketika masih menjadi pesepak bola itu pernah bersama timnas U-22 yang menjadi juara Piala AFF U-22 2019 dan timnas SEA Games 2019. ’’Tapi, kali ini saya berharap bisa banyak belajar pada sosok Coach Shin Tae-yong. Pelatih level dunia,’’ harapnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : rid/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads