alexametrics
Dugaan Kasus Pengaturan Skor

Tak Hanya Persibara, Pelatih Hingga Pemain Persekabpas Juga Diintai

8 Januari 2019, 13:44:38 WIB

JawaPos.com – Ditangkapnya Nurul Safarid, wasit pertandingan Persibara Banjarnegara melawan Persekabpas Pasuruan membuka langkah baru bagi Satgas Antimafia Bola. Rencananya, satgas akan memanggil klub yang diduga memesan kemenangan.

Adapun pertandingan tersebut dimenangkan Persibara Banjarnegara dengan skor 2-0 atas Persekabpas Pasuruan. Namun, kata Kepala Biro Penerangan Divisi Humas Polri Brijen Dedi Prasetyo, bukan hanya Persibara, pihak lawan juga akan diperiksa.

“Pelatih, pemain Persibara, pihak lawan, dan Persekabpas Pasuruan baik pelatih dan pemainnya (juga dipanggil). Tunggu keterangan Nurul buka peran masing-masing,” ujarnya di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Selasa (8/1).

Selain pihak klub, perangkat pertandingan itu juga akan diperiksa. Mulai dari asisten wasit, wasit cadangan, dan pengamat. Adapun keterangan pengamat dalam kapasitasnya melihat ada yang aneh atau tidak dalam pertandingan Persibara Banjarnegara melawan Persekabpas Pasuruan itu.

“Karena selesai pertandingan kan dia buat berita acara. Apakah pertandingan berjalan normal sesuai SOP atau mencurigakan,” tegas Dedi.

Sekadar informasi, Nurul Safarid diamankan Satgas Antimafia Bola di Garut pada Senin (7/1) kemarin. Dia merupakan wasit yang memimpin pertandingan Persibara Banjarnegara melawan Persekabpas Pasuruan.

Nurul Safarid terbukti menerima suap sebesar Rp 45 juta dari mantan anggota Komisi Wasit Priyanto dan anggota Komdis PSSI Dwi Irianto atau Mbah Putih. Keduanya juga sudah diamankan kepolisian dan berstatus tersangka.

Dalam perannya, oknum wasit itu diminta untuk mengatur jalannya pertandingan dengan tujuan memenangkan Persibara Banjarnegara. Atas kelakuannya, Nurul Safarid dijerat Pasal 378 KUHP tentang Penipuan.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Desyinta Nuraini



Close Ads
Tak Hanya Persibara, Pelatih Hingga Pemain Persekabpas Juga Diintai