alexametrics
Liga 1 2019

Persela vs PSM: Hanya Menang yang Bisa Bikin Lebih Tenang

7 Desember 2019, 11:30:22 WIB

JawaPos.com – Tak ada kata santai bagi Persela Lamongan. Sebaliknya, para penggawa Laskar Joko Tingkir –julukan Persela– harus tetap bekerja keras dan berfokus mengejar kemenangan demi kemenangan. Tiga kemenangan beruntun yang dua di antaranya diraih dalam laga tandang belum saatnya dirayakan. Juga, tak sepantasnya melenakan para pemain Persela. Sebab, tugas berat belum selesai. Misi bertahan di Liga 1 belum sepenuhnya terealisasi. Persela masih harus mengejar kemenangan agar posisinya benar-benar aman.

Persela Lamongan

Nah, jika ingin kans bertahan terjaga, sore nanti Eky Taufik dkk harus bisa melanjutkan tren kemenangan saat menjamu PSM Makassar di Stadion Surajaya, Lamongan. Tambahan tiga poin akan membuat Persela makin dekat dengan impian bertahan di kasta teratas sepak bola nasional tersebut. Kemenangan bakal makin menjauhkan tim asal Kota Soto tersebut dari rival-rivalnya yang berada di zona merah. Jika mampu mengamankan tiga poin dari PSM, Persela akan berjarak enam poin dari Semen Padang yang semalam secara mengejutkan menang di kandang Barito Putera. Selain itu, tambahan tiga angka bakal memperlebar jarak menjadi tujuh angka dengan Perseru Badak Lampung FC dan Kalteng Putra.
’’Pemain memang harus menjaga fokus dan konsentrasi agar bisa meraih poin maksimal untuk mengamankan posisi. Diharapkan, kami makin menjauh dari zona merah,’’ jelas pelatih Persela Nil Maizar.

Di atas kertas, seharusnya Persela bisa menang saat ditantang PSM. Sebab, performa tim sedang on fire. Sejauh ini tim Ayam Jantan dari Timur –julukan PSM Makassar– menjadi satu-satunya tim yang tak bisa meraih kemenangan saat melakoni laga away di Liga 1 musim 2019. Apalagi, PSM datang dengan kekuatan pincang karena kehilangan banyak pemain. Di belakang, mereka tak bisa membawa kiper Hilman Syah dan Abdul Rahman yang cedera. PSM juga ditinggal Asnawi Mangkualam dan Firza Andika yang bergabung dengan timnas U-23. Motor serangan sekaligus nyawa permainan PSM, Wiljan Pluim, pun tak bisa main lantaran cedera.

PSM Makassar

’’Kami tak mau memikirkan mereka. Sebab, pekerjaan untuk mengalahkan PSM tak semudah membalikkan telapak tangan. Yang harus kami lakukan adalah fokus dan kerja keras,’’ ujar Nil.

Pelatih asal Payakumbuh, Sumatera Barat, itu juga meminta anak asuhnya menampilkan aura dan militansi seperti yang ditunjukkan dalam dua laga tandang di markas Borneo FC dan Persib Bandung. ’’Ibarat balapan Moto GP, kecepatan kami ini kan sudah mantap. Kecepatan itu harus dipertahankan,’’ katanya.

Di tempat terpisah, PSM seakan menyadari kali ini datang ke Lamongan pada waktu yang tak tepat. Penampilan Persela sedang bagus-bagusnya karena memenangi tiga pertandingan beruntun. Di sisi lain, PSM justru kehilangan banyak pemain.

’’Besok (hari ini) adalah laga krusial bagi Persela untuk menjauh dari zona degradasi. Mungkin itu akan menambah tekanan kepada mereka. Kami harap bisa memanfaatkan situasi itu,’’ kata pelatih PSM Darije Kalezic.

Perkiraan Pemain

Persela Lamongan (4-2-3-1): 33-Dwi Kuswanto (pg); 14-Birrul Walidain, 2-M. Zaenuri, 4-Demerson, 30-Eky Taufik (c); 23-Izmy Hutawe, 8-Kei Hirose; 77-Malik Risaldi, 99-Delfin Rumbino, 26-Rafinha; 10-Alex Goncalves
Pelatih: Nil Maizar
Kostum: Biru muda

PSM Makassar (4-3-3): 20-Rivky Mokodompit (pg); 32-Benny Wahyudi, 15-Hasyim Kipuw, 2-Aaron Evans, 26-Taufik Hidayat; 10-Marc Klok, 17-Rasyid Bakri, 19-Rizky Pellu (c); 11-Rahmat, 9-Balde, 3-Ezra Walian
Pelatih: Darije Kalezic
Kostum: Merah

Stadion: Surajaya, Lamongan

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : Fim


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads