alexametrics
Liga 1 2019

Campos Dijadikan Striker, Winger Tinggal Basna dan Oktavianus Fernando

7 November 2019, 17:00:42 WIB

JawaPos.com – Skuad Persebaya Surabaya dijadwalkan bertolak ke Bogor siang ini. Mereka akan menghadapi Tira Persikabo di Stadion Pakansari, Bogor (9/11). Sayang, Green Force –julukan Persebaya– harus terbang dengan kekuatan pincang.

Miswar Saputra absen. Pemain 23 tahun tersebut masih demam. Dia bahkan tidak terlihat dalam sesi latihan di Stadion Gelora Bung Tomo kemarin sore. Itu kali ketiga beruntun Miswar absen latihan. Karena itu, pelatih Persebaya Aji Santoso tak mau ambil risiko. ’’Sampai saat ini dia masih pusing-pusing,” kata Aji

Persebaya Surabaya

Absennya Miswar jelas menjadi kehilangan besar. Sebab, posisinya nyaris tak tergantikan. Dalam 24 laga, dia mencatatkan 82 save. Dia hanya kalah oleh kiper Semen Padang Teja Paku Alam yang sudah melakukan 93 save. Sejatinya masih ada Imam Arief dan Abdul Rohim di posisi kiper. Tetapi, Imam belum pernah sekali pun tampil. Hanya Rohim yang pernah dua kali tampil. ’’Ini mejadi tantangan lebih bagi kami. Saya akan lihat siapa nanti yang lebih siap,’’ jelas Aji.

Lini depan juga terancam tumpul. Sebab, kondisi David da Silva meragukan. Pemain asal Brasil itu memang tengah dibekap cedera. Da Silva bahkan absen dalam latihan kemarin. Hal itu sejatinya tak mengejutkan. Sebab, pemain 30 tahun tersebut sempat mendapat perawatan setelah menjalani latihan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo Selasa lalu (5/11). ’’Kondisinya masih fifty-fifty. Saya belum bisa memastikan apakah Da Silva bisa berangkat (ke Bogor) atau tidak,’’ terang mantan pelatih Persela Lamongan itu.

Aji berharap, Da Silva bisa bermain. Sebab, dia adalah satu-satunya striker yang dimiliki Green Force. ’’Kondisi tim dengan satu striker sebenarnya tidak ideal. Tapi, tak ada masalah karena saya masuk kondisinya sudah seperti itu,’’ tambah Aji. Kalaupun Da Silva absen, Aji sudah punya solusi. Dalam sesi latihan kemarin, Aji menjajal Diogo Campos sebagai striker. Sementara itu, posisi winger diisi Oktafianus Fernando dan Elisa Basna. ’’Saya coba maksimalkan pemain yang ada,’’ imbuhnya.

Sejatinya Persebaya punya Osvaldo Haay. Pemain 22 tahun tersebut sering diplot sebagai striker. Sayang, Osvaldo saat ini bergabung dengan skuad timnas U-23. Tapi, Aji berharap agar Osvaldo bisa dipinjam untuk laga kontra Tira Persikabo (9/11). ’’Saya coba komunikasi dengan manajemen, kira-kira apakah bisa Osvaldo dipinjam. Setidaknya bergabung dua hari sebelum laga,’’ tutur Aji.

Kehadiran Osvaldo cukup penting. Apalagi, Irfan Jaya dipastikan menepi. Pemain asal Bantaeng, Sulawesi Selatan, itu mengalami cedera engkel kiri. Dia bahkan berlatih secara terpisah kemarin. ’’Kami pastikan Irfan ditinggal di Surabaya,’’ tegas Aji. Padahal, Irfan merupakan top scorer klub dengan torehan 7 gol.

Meski dengan skuad yang tidak ideal, Aji tetap tenang. Dia mematok target minimal meraih satu poin dalam lawatannya ke Bogor. Target yang sejatinya masuk akal. Mengingat tren Tira Persikabo tengah buruk. Mereka tak pernah menang dalam sepuluh laga pemungkas. ’’Tentunya kami tetap waspada. Apalagi, ada beberapa pemain yang harus diawasi,’’ terang Aji.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/bas

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads