alexametrics
Liga 1 2019

Persebaya Mengincar Satu Asing Lagi, Lizio Terancam Pencoretan

7 September 2019, 18:00:51 WIB

JawaPos.com – Perburuan pemain asing masih dilakukan Persebaya Surabaya. Padahal, Green Force –julukan Persebaya– saat ini sudah memiliki lima penggawa impor.

Asisten pelatih Wolfgang Pikal mengakui, bersama Alfred Riedl, dirinya ingin mendatangkan satu pemain anyar lagi. Namun, ada situasi yang harus terpenuhi. ’’Kalau (Otavio) Dutra sudah resmi (WNI), kami bisa tambah pemain asing lagi,’’ katanya.

Persebaya Surabaya

Saat ini naturalisasi Dutra masih dalam proses finalisasi. Kabarnya, pemain 36 tahun tersebut resmi jadi WNI sebelum timnas melawan Thailand pada Selasa (10/9). Jika benar Persebaya mendatangkan satu pemain asing lagi, ada satu pemain yang bakal terdepak. Siapa?

Nama Damian Lizio paling tidak aman. Gelandang kelahiran Argentina yang berpaspor Bolivia itu tidak dimainkan dalam laga kontra Badak Lampung Selasa (20/8) dan Persija Jakarta Sabtu (24/8). Terlebih, selain pemain asing, Pikal menyebut timnya masih akan merekrut pemain lain lagi. ’’Manajemen sudah coba datangkan pemain lokal,’’ katanya. Sayang, tidak ada nama pemain bidikan yang disebut.

Pikal tidak mau terlalu terpaku pada bursa transfer. Dia tetap fokus menyiapkan skuad Persebaya menjelang laga kontra Kalteng Putra Jumat (13/9). Mulai kemarin, skuad Green Force berlatih dua kali dalam sehari. Semua dilakukan di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Paginya Pikal hanya memberikan materi latihan ringan. Materi taktikal diberikan sorenya.

Waktu latihan sore juga ditambah. Biasanya, skuad hanya berlatih selama 90 menit. Namun, kemarin mereka berlatih selama 120 menit. Pikal punya alasan mengapa durasi latihan ditambah. ’’Kami ingin naikkan intensitas. Tentu agar fisik pemain bisa terus naik,’’ tambahnya. Tensi latihan juga cukup tinggi. Mereka sampai dibantu ball boy agar latihan terus berjalan dalam tempo tinggi. ’’Manajemen support 100 persen,’’ kata pelatih 51 tahun itu.

Pikal juga mulai mengamati permainan Kalteng Putra. Menurut dia, Kalteng Putra cukup sulit dikalahkan di kandang. Dalam dua laga kandang terakhirnya, Kalteng Putra selalu meraih kemenangan. Mereka mencetak enam gol dan hanya kebobolan dua gol.

Meski begitu, Pikal tidak gentar. Dia sudah mempelajari pola permainan Kalteng Putra. Bahkan, dia berani sesumbar mampu membuat Kalteng Putra malu di kandang. ’’Saya sudah lihat beberapa kali video (permainan) Kalteng Putra. Insya Allah minggu depan Kalteng Putra tidak menang,’’ kata Pikal.

Persebaya punya modal bagus dalam menyongsong laga melawan Kalteng Putra. Pemain-pemain yang membela timnas dipastikan bisa dimainkan. Mereka adalah Hansamu Yama, Otavio Dutra, Irfan Jaya, dan Ruben Sanadi. Termasuk dua pemain timnas U-23, Rachmat Irianto dan Osvaldo Haay. ’’Kalau timnas U-23 memang belum ada kepastian. Tapi, insya Allah bisa main,’’ tegas Pikal.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads