JawaPos Radar

Egy Maulana, dari Gothia Cup ke Timnas U-19 Indonesia

07/09/2017, 13:38 WIB | Editor: Agustinus Edy Pramana
Egy Maulana, dari Gothia Cup ke Timnas U-19 Indonesia
Egy Maulana usai mencetak gol ke gawang Myanmar (Dika Kawengian/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com - Egy Maulana tengah menjadi buah bibir. Dia tampil gemilang bersama timnas U-19 di Piala AFF U-18. Pada laga pertama melawan Myanmar, Egy mencetak dua gol dan membawa Garuda Nusantara menang 2-1.

Pada sore nanti, Kamis (7/9), Egy bakal menjadi tumpuan saat Indonesia menghadapi Filipina. Kemenangan akan membuat Indonesia berpeluang besar melaju ke babak berikutnya.

Seperti dilansir Sumut Pos (Jawa Pos Group), Egy merupakan pemain kelahiran Medan, 7 Juli 2000. Olah bolanya diasah pertama kali di SSB Tasbi Medan. Bakatnya dilirik pemandu bakat nasional kala memperkuat tim Asosiasi Sekolah Sepak Bola Indonesia (ASSBI) Sumatra Utara di ajang Grassroots Indonesian U-12 Tournament 2012. Kala itu Egy membawa timnya menjadi juara dan top skor.

Selanjutnya dia dibina di Sekolah Khusus Olahraga yang lebih dikenal dengan Diklat Ragunan. Egy juga merupakan adik dari pemain PON Sumut, Yusrizal Muzakki yang kini membela PSBL Langsa.

Pada tahun 2015, Egy berhasil membawa Indonesia menjadi juara dalam ajang Gothia Cup di Swedia dan menjadi pemain terbaik Gothia Cup untuk kelompok umur U-15. Selepas itu dia memperkuat Persab Brebes di kompetisi Piala Soeratin yang juga dibawanya menjadi juara dan meraih gelar top skor.

Mantan pemain Sumut di Popwil 2016 ini menjadi salah satu pemain paling diandalkan Indra Sjafri di timnas U-19. Bakatnya juga tercium media internasional kala membela timnas U-19 di Toulon Tournament pada 29 Mei-10 Juni 2017. Kala itu Egy mendapatkan penghargaan bergengsi, Jouer Revelation Trophee.

Tak sembarangan pemain mendapatkan penghargaan ini. Jauh sebelum Egy, penghargaan serupa pernah diterima juga oleh Cristiano Ronaldo dan Zinedine Zidane pada eranya.

(epr/jpg/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up