alexametrics

Ramai-ramai Dukung Penggunaan VAR di Sepak Bola Indonesia

7 Mei 2019, 14:27:11 WIB

JawaPos.com – Untuk mengurangi kesalahan dalam mengambil keputusan, wasit di Indonesia diminta dibekali video assistant referee (VAR). Mengingat pentingnya sportivitas dalam sebuah pertandingan, alat bantu tersebut dianggap kebutuhan.

Presiden Madura United, Achsanul Qosasi yang paling getol menyuarakan kebutuhan VAR. Bahkan, dia yakin setiap klub bersedia sokongan membeli alat yang diperlukan.

“Kami ingin menang sportif dan kalah terhormat. Jadi, kami tidak ingin wasit menjadi faktor hasil akhir. Jika PSSI belum butuh, kompetisi sangat memerlukannya. Saya yakin, setiap klub mau patungan,” ujar Aq, sapaannya, seperti dilansir Kaltim Post (Jawa Pos Group).

Pernyataan Aq direspons positif Presiden Borneo FC, Nabil Husein Said Amin. VAR dinilai amat layak menunjang kualitas dan keadilan dalam sepak bola tanah air.

“Sangat setuju dengan adanya VAR. Ini harus jadi perhatian khusus untuk kemajuan liga di Indonesia,” kata Nabil.

Wajar jika Nabil bereaksi positif. Dia menganggap, keputusan para pengadil lapangan di Indonesia belum bisa bekerja maksimal. Bahkan ironinya banyak keputusan yang merugikan. “Dengan adanya VAR bisa menekan jumlah kekeliruan. Jadi, tidak ada yang dirugikan,” imbuhnya.

Salah satu contoh nyata timnya dirugikan adalah proses terjadinya penalti kubu Persib Bandung di babak delapan besar Piala Indonesia 2018-2019. Kala itu, Renan Silva dianggap tersentuh bola di tangan. Padahal dalam rekaman ulang, si kulit bundar terkena dada. Namun wasit yang memiliki keputusan mutlak memberikan penalti untuk Persib.

“Kalau ada VAR, saya pastikan tidak akan terjadi penalti. Surat protes resmi juga tidak sering kami kirimkan jika wasit bekerja maksimal,” pungkas Nabil.

Editor : Edy Pramana



Close Ads