alexametrics
Liga 1 2020

Tiga Pekan Libur Latihan, Kondisi Fisik Pemain Persebaya Menurun

7 April 2020, 17:00:05 WIB

JawaPos.com – Sudah hampir tiga pekan skuad Persebaya Surabaya diliburkan. Meski libur, pemain tetap diwajibkan melakukan individual training. Namun, hal itu tetap tidak bisa mencegah penurunan kondisi fisik pemain.

Apalagi, intensitas individual training dengan latihan biasa jelas berbeda. Dalam individual training, pemain hanya berlatih selama 30–45 menit. Intensitas juga tidak terlalu tinggi. Bandingkan dengan latihan normal di lapangan. Sekali berlatih, skuad Green Force –julukan Persebaya– biasanya melahap waktu sampai dua jam. Sudah begitu, intensitasnya cukup tinggi.

Persebaya Surabaya

Pelatih fisik Persebaya Gaselly Jun Panam tak menampik hal itu. ’’Untuk penurunan kondisi fisik pasti ada. Karena tempat dan fasilitas mungkin tidak sama dengan saat (latihan) bersama tim,’’ jelas Gaselly. Apalagi, selama pandemi Covid-19, pemain hanya bisa melakukan latihan individu di rumah. Tidak di pusat kebugaran yang punya fasilitas olahraga lengkap.

Gelandang Rendi Irwan juga merasa kondisinya tidak fit seperti saat kompetisi masih bergulir. ’’Pasti ada penurunan (kondisi fisik),’’ katanya kepada Jawa Pos.

Apa lagi, musim ini Rendi memasuki usia 33 tahun. Usia yang tidak lagi muda bagi pesepak bola. Jika tidak rajin berlatih, kondisi fisik bisa makin turun. ’’Tapi tinggal pemain yang harus pintar-pintar menjaga kondisi saja,’’ terang pemain jebolan tim internal Mitra Surabaya tersebut.

Meski ada penurunan kondisi fisik, Gaselly ogah khawatir. ’’Karena semua pemain melakukan tugasnya dengan baik,’’ jelasnya. Porsi latihan yang diberikan kepada pemain juga beragam. ’’Ada latihan dengan atau tanpa bola,’’ imbuh mantan pelatih fisik Tira Persikabo tersebut. Nah, nantinya, latihan para pemain wajib direkam. Kemudian, hasil rekaman video dikirim ke tim pelatih. Kalau ada yang salah, akan ada pembenahan.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads