alexametrics
Piala Presiden 2019

Laga Persebaya vs Arema, Polisi Kerahkan 6.000 Personel 

7 April 2019, 20:03:46 WIB

JawaPos.com – Persebaya Surabaya dan Arema FC dijadwalkan akan berjumpa di Final Piala Presiden 2019 di Gelora Bung Tomo, Selasa (9/4) sekitar pukul 19.00 WIB. Persebaya dan Arema memang bukan rival abadi seperti Barcelona dan Real Madrid. Akan tetapi, perseteruan kedua suporter membuat pertandingan derby Jawa Timur tersebut memiliki aura yang tidak kalah panas.

Guna mengamankan kedua klub sepak bola raksasa tersebut, pihak kepolisian setidaknya menerjunkan 4.000-6.000 personel. Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, jumlah tersebut rencananya terdiri dari personel gabungan dari tiga kepolisian. Polda Jawa Timur, Polrestabes Surabaya, dan Polres Sidoarjo.

Namun, jumlah tersebut, belum termasuk personel kepolisian dari Polres Malang. Sejauh ini, Barung belum dapat memastikan berapa jumlah personel dari Polres Malang yang akan terlibat untuk mengawal para Aremania. “(Jumlah personel) maksimal akan kami turunkan. (Soal keterlibatan Polres Malang?) ya itu nanti yang mengawal mereka (Arema),” kata Barung kepada JawaPos.com, Minggu (7/4).

Guna mengamankan laga Persebaya vs Arema FC pihak kepolisian setidaknya menerjunkan 4.000-6.000 personel. (Official Surabaya)

Barung mengatakan, dirinya masih menunggu keputusan dari panitia penyelenggara. Terkait, apakah para Aremania diperbolehkan ikut menonton laga itu di GBT.

Barung mengimbau, meski jika nanti hanya Bonek yang diperbolehkan menonton di GBT, tetap harus menjaga keamanan dan ketertiban. “Mari kita cipatakan ketertiban bersama. Jangan melakukan hal-hal yang melanggar hukum. Jaga sportifitas,” tutur Barung

Terpisah, Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung mengaku belum dapat berkomentar banyak. Dirinya belum dapat menentukan apakah Aremania diperbolehkan menonton di GBT atau tidak.

Begitu pula Kabag Ops Polrestabes Surabaya Kompol Anton Elfrono Prisanto. Di antara ribuan personel itu, akan ada polisi dari Polrestabes Surabaya juga.

Namun, dirinya belum dapat mengkonfirmasi berapa personel yang akan bergabung dengan Polda Jawa Timur, Polres Sidoarjo, dan Polres Malang. Saat ini, masih ada rapat gabungan di Polda Jawa Timur terkait pengamanan laga Persebaya versus Arema. “Ini kami masih rapat soal itu (pengamanan laga Persebaya versus Arema) di Polda Jawa Timur. Saya belum bisa komentar banyak,” kata Anton singkat.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Aryo Mahendro