alexametrics

Jawa Pos Siap Mempertanggungjawabkan Liputan Investigasi Mafia Bola

7 Januari 2019, 19:36:28 WIB

JawaPos.com – Liputan investigasi mafia bola Jawa Pos Koran yang berjudul Green Force Pun Terseret dilaporkan Persebaya ke Polrestabes Surabaya, Senin (7/1). Laporan ke polisi tersebut karena menilai produk jurnalistik Jawa Pos yang terbit pada Minggu (6/1) mencemarkan nama baik.

Tiga pihak yang melakukan pelaporan itu, yakni Persebaya, Cholid Ghoromah, serta Chairul Basalamah. Pemimpin Redaksi Jawa Pos Koran Abdul Rokhim mengatakan, siap mempertanggungjawabkan produk jurnalistik yang dipublikasikan ke publik.

Dia menegaskan kalau laporan investigasi Jawa Pos berdasarkan data dan fakta yang telah diuji kebenarannya secara ketat. Sehingga, sesuai dengan kode etik Jurnalistik.

“Saya menjamin, tidak ada niat buruk dari Jawa Pos untuk mencemarkan nama baik atau memfitnah pihak tertentu. Apalagi Persebaya, klub sepak bola kebanggaan pembaca Jawa Poa dan seluruh warga Jawa Timur,” ujarnya, Senin (7/1).

Lebih lanjut Abdul Rokhim mengatakan, laporan investigasi itu mengungkap temuan di lapangan atas dugaan praktik pengaturan skor dan pertandingan yang dilakukan mafia sepak bola di banyak klub. Dia berharap agar temuan itu akan ditindaklanjuti oleh pihak yang berwenang secara hukum. Yakni Satgas Antimafia Bola Polri dan Komdis PSSI.

“Meskipun kami meyakini sudah menjaga kode etik dan tidak ada niat buruk, namun tentu kami tak bisa melarang orang berkeberatan dengan liputan kami,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, pihak yang keberatan bisa menyalurkannya melalui mekanisme yang telah diatur. Yakni, Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers. Seperti meminta hak jawab, atau melakukan pengaduan ke Dewan Pers.

“Meski begitu, kami siap mengikuti proses apapun untuk mempertanggungjawabkan karya jurnalistik kami,” kata Abdul Rokhim

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : (*)

Jawa Pos Siap Mempertanggungjawabkan Liputan Investigasi Mafia Bola