alexametrics
SEA Games 2019

Timnas U-23 ke Semifinal: Yang Terpenting Tim, Bukan Gol

Laporan Tim Jawa Pos dari Filipina
6 Desember 2019, 09:37:18 WIB

JawaPos.com – Di klubnya, Persebaya Surabaya, Osvaldo Haay lebih sering dimainkan sebagai penyerang sayap. Slot penyerang tengah di tim nasional U-23 yang terjun di SEA Games 2019 pun sebenarnya disiapkan pelatih Indra Sjafri untuk M. Rafli.

Tapi, Rafli cedera. Indra pun menggeser Osvaldo ke bagian tengah lini depan Garuda Muda, sebutan timnas U-23. Dan, hasilnya luar biasa.

Termasuk dua gol ke gawang Laos di laga terakhir grup B kemarin, total Osvaldo telah tujuh kali merobek gawang lawan dalam lima laga. Hanya saat melawan Vietnam pemain kelahiran Jayapura, Papua, 1 Mei 1997, itu gagal mencetak gol.

Dia pun menjadi top scorer sementara. Selain itu, dia turut membawa Garuda Muda ke semifinal dengan status runner-up. Dan, akan berhadapan dengan juara grup A Myanmar besok (7/12).

”Masih banyak evaluasi. Tadi juga sempat kehilangan fokus. Banyak kehilangan bola juga,” kata Osvaldo merendah setelah pertandingan kemarin.

Osvaldo mengaku tak pernah berpikir bakal mencetak berapa gol. Yang terpenting bagi dia adalah Garuda Muda bisa terus melaju hingga ke podium tertinggi. Sejak 1991 Indonesia tak pernah lagi merebut emas sepak bola SEA Games.

Indra juga memuji performa Osvaldo. Tapi, dia menggarisbawahi pula bahwa semua pemain punya kontribusi yang sama penting. Bagi dia, 20 nama pemain yang dibawa ke Filipina merupakan kumpulan pemain terbaik dari Indonesia. ”Saya percaya seribu persen kepada 20 pemain,” ujarnya.

Pelatih timnas U-23 Indra Sjafri saat latihan ringan di Rizal Memorial Stadium Makati Filipina, Senin (25/11/2019). (Dipta Wahyu/Jawa Pos)

Editor : Ilham Safutra

Reporter : */c19/ttg


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads