alexametrics
Liga 1 2019

Izin Keamanan Belum Turun, Persebaya Berharap Lawan Bhayangkara di GBT

6 Desember 2019, 12:00:03 WIB

JawaPos.com – Persebaya Surabaya akan bertanding menghadapi Bhayangkara FC Minggu (8/12). Laga tersebut dirancang untuk digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. 
Namun, hingga kemarin, izin dari pihak keamanan belum keluar. Manajemen Green Force –julukan Persebaya– berupaya agar pertandingan tetap bisa dihelat di stadion yang berkapasitas 50 ribu penonton itu. ”Kami berharap bisa main di sini (GBT). Segala perizinan kami urus,” kata Ram Surahman, sekretaris Persebaya.

Dia menjelaskan, izin laga tersebut berstatus tanpa penonton. Hal itu disebabkan status Persebaya yang masih terkena sanksi. Yakni, dilarang mendapat dukungan Bonek, baik di laga home maupun away, hingga akhir musim. Jika izin keluar, laga itu jelas sangat spesial bagi Green Force. Sebab, itu adalah kali pertama mereka kembali ke GBT. Di dua laga home sebelumnya, Persebaya selalu bermain di Stadion Batakan, Balikpapan.

Persebaya Surabaya

Karena itu, pelatih Persebaya Aji Santoso menyambut baik hal tersebut. Menurut dia, bermain di Surabaya akan memberikan energi yang positif bagi pemain. Apalagi, ada kemungkinan laga kontra Arema FC (12/12) digelar di stadion GBT. ”Karena main di kandang sendiri, saya harap anak-anak bisa maksimal untuk meraih poin penuh,” kata pelatih 49 tahun tersebut.

Stadion GBT memang sudah siap menggelar laga pasca kerusuhan melawan PSS Sleman (29/10). Pembenahan tampak di berbagai sudut GBT. Termasuk papan skor elektrik yang sudah terpasang di atas tribun Green Nord. Kebetulan, skuad Green Force melakoni latihan di stadion GBT kemarin sore.

Dalam latihan itu, pemain yang sempat absen sudah kembali. Mereka adalah Hansamu Yama dan Oktafianus ”Ofan” Fernando. Sebelumnya, dua pemain itu absen latihan karena cedera. Kondisi Ofan kini sudah sangat fit. Dia tampak melahap porsi latihan dengan normal. Sementara itu, Hansamu masih berlatih dengan tangan kiri yang dibalut pelindung. ”Hansamu larinya juga masih belum 100 persen. Masih ada rasa sakit di tangannya,” ungkap Aji.

Selain Hansamu, kondisi seluruh pemain sangat fit. ”Semua pemain, mulai kiper sampai striker, sudah siap main lawan Bhayangkara FC,” tegas mantan pelatih Persela Lamongan itu.
Soal komposisi tim, Aji tak ingin memberikan garansi kepada siapa pun. Dia ingin melihat performa anak asuhnya selama mengikuti latihan. ”Siapa yang terlihat bagus saat latihan, pasti akan saya mainkan,” kata mantan bek kiri Persebaya tersebut.

Hanya, Aji tak mau anak asuhnya jemawa. Sebab, lawan datang dengan kepercayaan diri tinggi. Maklum, Bhayangkara FC baru menggilas Persija Jakarta tiga gol tanpa balas (4/12). Kondisi itu bisa mengancam tren positif Persebaya yang belum tersentuh kekalahan dalam lima laga pemungkas. ”Ada beberapa pemain yang jadi catatan kami. Yang jelas, tim harus bekerja keras kalau ingin menang atas Bhayangkara FC,” jelas pria yang juga pernah menangani Arema FC tersebut.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/ali


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads