alexametrics
Liga 1 2019

Amankan Poin di Kandang, Persela Bisa Selamat dari Degradasi

6 Desember 2019, 17:00:05 WIB

JawaPos.com – Jalan bagi Persela Lamongan untuk bertahan di kasta teratas kini terbentang lebar. Terbukanya peluang itu seiring dengan kemenangan mengejutkan di dua partai tandang. Yaitu, menundukkan tuan rumah Borneo FC dengan skor 2-1 (27/11) dan menang dua gol tanpa balas di kandang Persib Bandung (3/12).

Di sisi lain, Persela masih menyisakan tiga laga kandang. Tim berjuluk Laskar Joko Tingkir itu pun tak mau membuang kesempatan emas tersebut. Persela bertekad mengamankan tiga pertandingan home tersisa. Plus mencuri angka dalam satu laga tandang. ’’Kami akan berjuang habis-habisan di pertandingan di depan. Kami akan amankan pertandingan tersebut,’’ tegas pelatih Persela Nil Maizar.

Persela Lamongan

Tiga laga kandang Persela itu adalah menjamu PSM Makassar Sabtu besok (7/11), PSS Sleman pada 11 Desember, dan Semen Padang di pengujung kompetisi Liga 1 musim 2019 yang dihelat serentak pada 22 Desember. Satu laga lainnya dijalani Persela di kandang PS Tira Persikabo (16/12).

Jika mampu mengamankan tiga partai kandang, otomatis tim asal Kota Soto tersebut akan bertahan di Liga 1. Saat ini Persela mendulang 34 poin. Jika memenangi tiga pertandingan di Stadion Surajaya, Lamongan, Persela akan mengumpulkan 43 poin. Jumlah poin tersebut tidak mungkin lagi dikejar tiga rivalnya di zona degradasi: Perseru Badak Lampung FC, Kalteng Putra, dan Semen Padang. Dengan hanya menyisakan empat laga, poin maksimal Badak Lampung FC dan Kalteng Putra adalah 42 poin. Sementara itu, poin maksimal Semen Padang hanya 40 poin.

Dalam buku catatannya, Nil menulis Persela ditargetkan meraih kemenangan dalam laga kontra PSM, PSS, dan Semen Padang. Ketika bertamu ke Tira Persikabo, mereka ditargetkan meraih satu poin. ’’Semoga kami bisa merealisasikannya,’’ ujar pelatih asal Payakumbuh, Sumatera Barat, tersebut. Jika target itu terealisasi, di akhir kompetisi Eky Taufik dkk akan mengumpulkan 44 poin.

Khusus target mengamankan tiga laga di kandang, Persela, tampaknya, tidak akan sulit merealisasikannya. Sebab, mereka mendapat suntikan motivasi berlipat dari suporter. Berdasar hasil banding Persela, Komisi Banding PSSI mengabulkan banding Laksar Joko Tingkir. Persela yang sebelumnya dilarang menggelar pertandingan kandang dengan penonton diputuskan boleh memainkan laga di kandang dengan kehadiran penonton. Meski begitu, Nil tetap mengingatkan anak asuhnya agar tidak jemawa.

’’Pemain tidak boleh sombong. Kami semua harus tetap rendah hati. Harus bekerja keras, fokus, dan percaya dengan kemampuan yang dimiliki,’’ tegas mantan pelatih timnas tersebut.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : fim/ali


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads