alexametrics
Liga 1 2019

Selalu Menang di Kandang pun Persela Tetap Terancam Degradasi

6 November 2019, 17:30:10 WIB

JawaPos.com – Kegagalan meraih kemenangan saat menjamu Barito Putera Senin lalu (4/11) membuat posisi Persela Lamongan semakin terjepit. Ancaman degradasi semakin nyata. Bukan saja karena Persela kini belum mampu lepas dari zona merah. Tapi, Laskar Joko Tingkir –julukan Persela– saat ini juga hanya memiliki empat pertandingan di kandang sendiri.

Dua di antaranya merupakan laga kontra sesama penghuni papan bawah. Melawan Perseru Badak Lampung FC pada 20 November 2019 dan meladeni Semen Padang di partai pemungkas Liga 1 musim 2019.

Persela Lamongan

Bertemu kesebelasan yang sama-sama ingin lepas dari jerat degradasi tentu bukan perkara gampang. Bahkan bisa dibilang jauh lebih alot daripada bertanding dengan tim papan tengah atau atas.

Sudah begitu, empat laga lainnya harus dijalani Persela di kandang lawan. Tim asal Kota Soto tersebut harus melawat ke markas Persija Jakarta, Borneo FC, Persib Bandung, dan PS Tira Persikabo. ’’Jalan memang semakin berat. Tapi, kami masih sangat optimistis,’’ tegas Manajer Persela Edy Yunan Ahmadi.

Kalkulasi Persela, mereka minimal bisa mengakhiri kompetisi di posisi ke-15 atau di batas aman paling akhir. ’’Syaratnya, kami harus menyapu bersih sisa laga kandang. Kami harus mengalahkan (Perseru) Badak Lampung FC,’’ kata Yunan.

Di zona merah, Persela kini menempatinya bersama Kalteng Putra dan Semen Padang. Nah, Badak Lampung FC berada di atas Persela persis. Hanya berselisih dua poin. Persela mengantongi 25 poin, sedangkan Badak Lampung FC telah mengumpulkan 27 poin.

’’Jika bisa menang dari Badak Lampung, kami yakin bisa bertahan. Setelah mengalahkan mereka, kami harus amankan tiga laga kandang lainnya sembari berharap Badak Lampung FC tergelincir,’’ papar Yunan.

Jika dibandingkan dengan Persela, laga sisa Badak Lampung FC jauh lebih berat. Mereka hanya memiliki tiga laga kandang. Salah satunya, menjamu Persija Jakarta yang juga bersaing untuk lepas dari papan bawah. Di luar itu, Badak Lampung FC harus menjalani dua partai tandang beruntun di akhir kompetisi.

Meski berharap lawannya tergelincir, Eky Taufik dkk ditegaskan untuk menentukan jalan sendiri. Selain wajib memenangi empat laga kandang tersisa, mereka harus mampu mencuri poin saat tandang. Manajemen yakin pemain Persela bisa melakukannya.

Ya, berdasarkan hitung-hitungan, biasanya poin aman dari degradasi adalah 40 poin. Saat ini Persela masih 25 poin. Apabila sapu bersih laga kandang, mereka baru mencapai 37 poin. Dengan begitu, masih membutuhkan poin dari sisa pertandingan tandang.

Sisa Laga Kandang Persela
Persela vs Perseru Badak Lampung FC (20/11)
Persela vs PSM Makassar (7/12)
Persela vs PSS Sleman (11/12)
Persela vs Semen Padang (22/11)

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : fim/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads