alexametrics
#PSSIHarusBaik

Jadi Exco PSSI, Haruna Tegaskan Tidak Mundur dari Madura United

6 November 2019, 17:00:52 WIB

JawaPos.com – Haruna Soemitro kembali duduk di komite eksekutif alias Exco PSSI. Meski terpilih sebagai exco, Haruna menegaskan tidak akan mundur dari kursi manajer Madura United. Dia yakin tidak ada konflik kepentingan saat dirinya rangkap jabatan, duduk di pengurus federasi dan manajer tim dalam waktu bersamaan.

Sebaliknya, mantan ketua Pengda (kini Asprov) PSSI Jawa Timur itu berpandangan, jika mundur dari Madura United, dirinya tidak bisa menjadi representasi siapa-siapa. ”Kalau saya mundur dari Madura United, saya di exco bukan apa-apa. Saya bukan representasi siapa-siapa lagi. Padahal, saya mendapatkan amanah karena saya adalah representasi klub,” urainya kepada Jawa Pos kemarin (4/11).

Haruna menambahkan, sebenarnya dirinya berada di federasi dan klub berdasar penugasaan. Di Madura United, mantan manajer Persebaya Surabaya itu menjalankan tugas yang diberikan presiden klub Achsanul Qosasi. Sementara itu, di federasi Haruna dipilih para voters. ”Saya sudah berbicara dengan presiden klub dan beliau meminta saya tidak meninggalkan Madura United. Karena itu, saya tetap jalankan tugas sebagai manajer,” tegasnya.

Haruna tidak memungkiri, banyak suara yang mendesak agar pengurus PSSI tidak rangkap jabatan. Mereka yang terpilih sebagai Exco PSSI dan memiliki jabatan di klub diminta untuk mundur dari posisinya di tim. Semua beralasan agar tidak terjadi conflict of interest alias konflik kepentingan. Terutama yang menyangkut kebijakan yang menyangkut klub tempat pengurus tersebut berada.

Haruna mengaku mendengar desakan tersebut. Namun, dia menyebut ada persepsi yang perlu diluruskan dengan desakan yang ramai disuarakan itu. Menurut dia, sangat tidak beralasan jika muncul konflik kepentingan ketika pengurus PSSI juga duduk di manajemen klub.

”Apa ketika saya duduk di exco lalu membela mati-matian Madura United. Jelas itu sangat tidak mungkin. Kalau saya bertindak seperti itu apa ya mungkin anggota exco yang lainnya diam saja. Tentu tidak,” ujarnya.
Karena itu, Haruna yakin tidak ada conflict of interest ketika pengurus PSSI rangkap jabatan. ”Saya yakin pengurus yang duduk di Exco PSSI memegang etika untuk menjalankan organisasi untuk sepak bola nasional, bukan untuk klubnya sendiri. Dan seperti yang saya bilang tadi, kalau misalnya saya hanya di exco, lalu saya ini representasi siapa,” jelasnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : fim/ali



Close Ads