Bekuk UEA, ke Puncak Klasemen, Kans Timnas ke Piala Asia Sangat Besar

6 Oktober 2022, 23:59:41 WIB

JawaPos.com-Kans timnas Indonesia U-17 untuk bisa lolos ke Piala Asia U-17 2023 semakin besar.

Hal itu tak lepas dari kemenangan melawan Uni Emirat Arab (UEA) U-17 di laga kedua kualifikasi dengan skor 3-2 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, tadi malam.

Tiga gol Indonesia U-17 dicetak Nabil Asyura pada menit ke-18 dan brace Arkhan Kaka Putra (30′, 54′). Sedangkan dua gol lawan dilesakkan Waleed Mallalla (32′) dan Ghaith Abdalla (40′).

Kemenangan atas UEA U-17 membuat skuad Garuda Muda merebut puncak klasemen sementara grup B dengan enam poin dari dua laga. UEA di peringkat kedua juga mengoleksi poin yang sama. Namun, mereka kalah head-to-head dan sudah bermain di tiga pertandingan.

Sebagaimana diketahui, hanya satu tim yang lolos otomatis. Yaitu, juara grup. Sedangkan enam tim lainnya diambil dari runner-up terbaik dari total 10 grup.

Pelatih timnas U-17 Bima Sakti menyatakan, tak ubahnya laga perdana, semangat pemain tetap sama untuk bisa bermain baik dan mempersembahkan kemenangan untuk tragedi Kanjuruhan.

Dalam pertandingan tadi malam, menurut Bima, pemainnya masih banyak melakukan kesalahan sendiri dan konsentrasi para pemainnya sempat menurun di sekitar menit ke-30–40. Terutama ketika sudah unggul dua gol sampai akhirnya lawan bisa menyamakan kedudukan.

’’Tapi, saya yakin tim bangkit dan bisa menang,’’ ujarnya saat memberikan keterangan pasca pertandingan.

Bima tidak ingin kemenangan dalam dua laga beruntun membuat pemain lengah. ’’Saya sampaikan ke pemain jangan berpuas diri. Kami harus fokus saat lawan Palestina U-17 (Jumat),’’ bebernya.

Setelah melawan Palestina, di laga terakhir Indonesia akan melawan Malaysia yang kemarin secara mengejutkan hanya bisa bermain seri 1-1 melawan Guam.

Pelatih UEA U-17 Albert Gonzalez menyatakan, pemainnya sudah bagus ketika melawan Indonesia. Di mana, ketika tertinggal 0-2, tim mulai bangkit dan menyamakan kedudukan.

Namun, pada babak kedua, konsentrasi pemain menurun yang membuat Indonesia mencetak gol ketiga sekaligus gol kemenangan.

Juru taktik asal Spanyol itu menuturkan, Indonesia bermain sangat baik sebagai tim.

’’Kami akan bermain lebih baik saat melawan Malaysia di laga terakhir (Jumat),’’ katanya.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : raf/c17/ali

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads