alexametrics

Pelatih Timnas U-16 Ingin Tunjukkan pada Vietnam Cara Bermain Kesatria

6 Agustus 2022, 17:00:26 WIB

JawaPos.com-Publik belum bisa melupakan kegagalan tim nasional Indonesia U-19 melaju ke babak semifinal AFF Cup U-19 2022.

Saat itu, Indonesia tersingkir setelah Vietnam dan Thailand diduga main mata. Kedua tim hanya mengincar hasil imbang 1-1. PSSI lalu memprotes dugaan main mata yang dilakukan dua tim tersebut. Sayang, protes itu tidak membuahkan hasil yang diharapkan.

Nah, malam ini, tim nasional Indonesia U-16 akan bertemu dengan tim nasional Vietnam U-16 di laga pemungkas grup A AFF Cup U-16 2022.

Pelatih tim nasional Indonesia U-16 Bima Sakti Tukiman menegaskan, dirinya akan memberi tahu tim lawan bagaimana caranya bermain secara kesatria.

Yakni, dengan bermain menyerang dan terbuka. Targetnya adalah memenangkan pertandingan. Target itu menjadi harga mati. Meski, Indonesia sebenarnya hanya perlu hasil imbang untuk lolos ke semifinal sebagai juara grup A.

”Kami tidak ingin nasib tim ditentukan oleh tim lain. Saya yakin tim lain juga mengincar kemenangan. Karena itu, kami harus berjuang keras untuk menang. Dengan begitu, posisi kami benar-benar aman sebagai pemuncak klasemen grup A,” tegasnya.

Bima sudah menganalisis cara bermain Vietnam. Dia sudah meminta asistennya memantau langsung permainan Vietnam sepanjang fase grup AFF Cup U-16. Menurut mantan pemain Persegres Gresik United itu, Vietnam memiliki organisasi permainan yang rapi.

”Kami ada videonya. Karena itu, tadi (kemarin, Red) kami berlatih bagaimana cara membongkar pertahanan mereka. Selain itu, juga menyiapkan cara untuk mengantisipasi serangan mereka,” ujarnya.

Bima juga menginstruksi para pemainnya untuk tidak mudah terpancing emosi.

”Jangan terprovokasi. Kami harus bermain dengan kepala dingin. Jangan sampai kami mendapatkan kartu karena pelanggaran yang tidak perlu,” ungkap pelatih 46 tahun tersebut.

Bima optimistis persiapan yang dimiliki timnya mampu membuahkan hasil positif. Apalagi, para pemain Indonesia sedang berada dalam motivasi tinggi. Salah satunya Muhammad Kafiatur Rizky. Pemain bernomor punggung 9 itu sedang on fire karena mencetak brace ke gawang Singapura.

Kafi akan menjaga motivasi berlipat itu saat berjumpa Vietnam. Menurut dia, Vietnam memiliki organisasi pertahanan yang lebih kuat dan rapi dibandingkan Singapura.

”Informasi dari pelatih, Vietnam menggunakan banyak pemain belakang. Tapi, kami akan berusaha membongkar pertahanan mereka. Saya juga akan berusaha mencetak gol lagi,” tegas Kafi.

Sementara itu, pelatih timnas Vietnam U-16 Nguyen Quoc Tuan tidak mau membeda-bedakan lawan di AFF Cup U-16. Persiapan yang dibangun Vietnam jelang melawan Indonesia sama seperti saat Vietnam bertemu Singapura dan Filipina.

”Yang kami perlukan hanya berusaha lebih keras dan semangat yang lebih tinggi saat bermain melawan Indonesia,” ucap Nguyen.

Perkiraan Pemain
Indonesia (4-3-3): 28-Andrika Fathir (g); 3-Fadel Ahmad, 21-Iqbal Gwijangge (c), 2-Rizdjar Subagja, 14-Zaky Razak; 6-Hanif Ramadhan, 9-Kafiatur Rizky, 25-Riski Afrisal; 8-Arkhan Kaka, 17-Nabil Asyura, 26-Waliy Marifat
Pelatih: Bima Sakti

Vietnam (3-4-3): 1-Pham Dinh Hai (g); 2-Le Nguyen Quoc Kien, 5-Khuc Trung Hieu, 21-Nguyen Luong Tuan Khai; 6-Nguyen Cong Phuong (c), 9-Nguyen Xuan Toan, 16-Le Dinh Long Vu, 27-Le Van Thuan; 14-Huynh Van Danh, 15-Bui Hoang Son, 18-Phan Thanh Duc Thien
Pelatih: Nguyen Quoc Tuan

Venue: Stadion Maguwoharjo, Kabupaten Sleman
Live: Indosiar pukul 20.00 WIB

Editor : Ainur Rohman

Reporter : fiq/c17/bas

Saksikan video menarik berikut ini: