alexametrics
Liga 1 2019

Rian Tak Masalah Kembali ke Bek, Andri Siap Main Lawan Madura United

6 Agustus 2019, 17:00:36 WIB

JawaPos.com – Persebaya Surabaya hanya memiliki tiga pilihan pemain di jantung pertahanan saat menjamu Madura United Sabtu mendatang (10/8). Meski begitu, Persebaya tetap percaya diri. Sebab, kondisi tiga pemain itu baik. Ketiganya juga sangat siap mengawal benteng pertahanan tim berjuluk Green Force tersebut.

Tiga pemain tersisa di lini pertahanan itu adalah M. Syaifuddin, Rachmat ”Rian” Irianto, dan Andri Muliadi. Dua stoper lain yang dimiliki Persebaya, Hansamu Yama Pranata dan Otavio Dutra, tidak bisa diturunkan. Hansamu absen karena mengantongi kartu merah saat Persebaya menjamu Persipura Jayapura lalu (2/8). Dutra pun harus menepi lantaran masalah kartu. Pemain kelahiran Brasil itu sudah mengantongi tiga kartu kuning.

Persebaya Surabaya

”Saya siap saja. Bergantung pelatih mau memainkan saya di mana,” kata Rian. Dalam beberapa pertandingan terakhir, pemain 19 tahun tersebut diturunkan sebagai gelandang bertahan. Rian mengaku nyaman bermain di posisi itu. Namun, jika harus kembali ke posisi asli sebagai stoper, putra sulung Bejo Sugiantoro tersebut sangat siap. Mau diduetkan dengan siapa saja bukan masalah bagi Rian. Entah dengan Syaifuddin maupun Andri. Khusus dengan Syaifuddin, Rian sudah beberapa kali bermain bersama di jantung pertahanan Persebaya.

”Saya lupa sudah berapa kali (main bareng Syaifuddin, Red). Yang jelas, saya sudah terbiasa (main bersama Syaifuddin, Red),” ujarnya. Rian sepenuhnya menyerahkan keputusan kepada pelatih Djadjang Nurdjaman.

Seperti Rian, Andri pun siap menjawab kepercayaan pelatih. Pemain dari Aceh itu sepanjang musim ini belum sekali pun dimainkan. Andri juga sempat bermasalah dengan kesehatan. Namun, jika diturunkan, Andri tidak ragu untuk memberikan penampilan terbaik.

Lalu, bagaimana kondisi kesehatannya? ”Kalau masalah kesehatan, silakan tanya ke dokter. Saya tidak bisa menjawab itu. Yang pasti, saya siap main,” ucap dia.

Jajaran pelatih Persebaya pun tidak ambil pusing dengan absennya Dutra dan Hansamu. Toh, bagi Persebaya, kondisi tanpa Hansamu maupun Dutra bukan kali ini saja. Pada lima laga awal Persebaya di Liga 1 musim 2019, Dutra absen karena pemulihan cedera patah tulang hidung. Hansamu juga sempat absen lama lantaran cedera pinggang.

”Mau diutak-atik seperti apa, pilihannya ya tinggal tiga pemain itu di belakang. Dan saya rasa, ketiganya sangat siap untuk dimainkan. Mereka juga pasti akan memberikan penampilan terbaik,” papar asisten pelatih Persebaya Bejo Sugiantoro.

Sejak awal kompetisi, Persebaya memikirkan kondisi seperti saat ini. Karena itu, semua pemain yang direkrut memiliki peran yang sama penting. Yang berada dalam kondisi terbaiklah yang akan dimainkan. ”Dan Anda bisa lihat sendiri latihan tadi (kemarin sore, Red), tiga pemain belakang kami dalam kondisi yang sangat baik dan siap dimainkan,” tegas Bejo.

Dalam latihan di Gelora Bung Tomo, Surabaya, kemarin sore, Rian, Syaifuddin, dan Andri mengikuti latihan dengan sangat antusias. Latihan dengan intensitas tinggi pun mereka lalui hingga akhir.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : fim/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads