alexametrics
AFF Women’s Championship 2022

Timnas Indonesia Berkomitmen untuk Pantang Kalah oleh Malaysia

6 Juli 2022, 12:22:24 WIB

JawaPos.com-Kekuatan tim nasional sepak bola wanita Indonesia di pentas ASEAN, apalagi Asia, memang belum diperhitungkan.

Maklum, Indonesia belum memiliki jenjang pembinaan yang baik untuk pesepak bola putri. Bahkan, kompetisi Liga 1 wanita saja sudah lama vakum.

Meski demikian, timnas sepak bola wanita Indonesia berkomitmen untuk pantang kalah oleh Malaysia. Gengsi itu akan dijaga saat kedua tim bertemu dalam lanjutan AFF Women’s Championship 2022 sore ini pukul 15.00 WIB di Binan Football Stadium, Laguna.

Asisten pelatih timnas wanita Indonesia Touskha Iba menyatakan, timnya sudah siap tempur menghadapi Malaysia. Sore ini, Indonesia akan tampil dengan kekuatan yang berbeda dari pertandingan melawan Thailand.

”Dalam laga sebelumnya ada beberapa pemain yang kami simpan. Besok (hari ini, Red) kami turun dengan kekuatan penuh untuk bisa mencuri poin penuh,” ucap Touskha kemarin (5/7).

Pertandingan hari ini akan menjadi pertemuan perdana Indonesia dengan Malaysia. Karena itu, Indonesia tidak ingin mudah dikalahkan seperti saat ditaklukkan 0-4 oleh Thailand.

Menjelang pertandingan tersebut, tim pelatih timnas wanita Indonesia sudah menganalisis cara bermain Malaysia. Menurut Touskha, Malaysia memiliki keunggulan dalam memainkan bola-bola panjang.

”Permainan long ball mereka sangat berbahaya. Kami harus bisa mengantisipasi,” tegas Touskha.

Salah satu langkah antisipasi yang disiapkan timnas wanita Indonesia adalah meningkatkan kebugaran para pemain. Menurut Touskha, jeda antar pertandingan yang hanya sehari membuat energi para pemain terkuras.

”Makanya, sore ini (kemarin, Red) kami fokus pada recovery. Kami juga memperbaiki kekurangan yang terjadi saat kalah oleh Thailand,” terangnya.

Pemain timnas wanita Indonesia Nastasia Suci menambahkan, kekurangan lain yang diperbaiki jelang duel kontra Malaysia adalah build up serangan. Saat melawan Thailand, Indonesia sulit mengembangkan permainan.

Defense kami sudah bagus. Cara mengeblok tembakan lawan sudah baik. Kami tinggal mengasah build up serangan dan mem-pressing lawan,” ungkap Suci.

Suci sudah tidak sabar untuk bertemu Malaysia. Dia berharap bisa diturunkan dalam laga hari ini. ”Kami sudah mempelajari cara bermain mereka. Malaysia punya beberapa pemain tinggi. Jadi, kami sebisanya menghindari situasi set piece di dekat area penalti,” tegasnya.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : fiq/c7/ali

Saksikan video menarik berikut ini: