alexametrics
SEA Games 2019

Tajam di Timnas U-23, Osvaldo Haay Terbantu Pengalaman di Persebaya

5 Desember 2019, 12:00:07 WIB

JawaPos.com – Di Timnas Indonesia U-23, tidak ada striker murni yang dibawa pelatih Indra Sjafri. Osvaldo Haay dan M. Rafli didapuk sebagai striker dadakan. Posisi asli Osvaldo adalah winger. Sedangkan Rafli sejatinya adalah gelandang.

Khusus Osvaldo yang sudah mengemas lima gol dalam empat pertandingan, dia menjadi supersub ketika Rafli mengalami cedera engkel. Bahkan pada laga melawan Brunei Darussalam (3/12), dia membuat hat-trick pertama Garuda Muda di SEA Games 2019. Trigol tersebut langsung mengerek namanya dalam daftar top scorer sepak bola SEA Games 2019. Pemain Persebaya Surabaya ini sudah mengoleksi lima gol.

“Saya nggak kepikiran untuk membuktikan (sesuatu). Yang penting bagi saya tim menang,” kata Osvaldo kepada Jawa Pos. Dia mengaku tidak mudah menjalani peran sebagai seorang penyerang. Beruntung, Osvaldo sudah pernah menjalani peran sebagai striker dadakan.

Peran itu dia peroleh bersama Persebaya. Osvaldo kerap menjadi alternatif ketika para penyerang Persebaya sedang cedera. Musim lalu misalnya. Ketika David da Silva cedera, dia didapuk sebagai penyerang tunggal dan terbilang cukup sukses. Keeping bola pemain berusia 22 tahun itu cukup kuat saat berduel dengan bek lawan. “Siapapun yang dapat peluang cetak gol, dia yang harus memaksimalkan,” lanjutnya.

Pada laga menentukan melawan Laos hari ini, dia punya kans kembali mengisi barisan terdepan Indonesia. “Selagi dipercaya saya tetap berusaha,” lanjutnya.

Kemarin, dia mendapatkan latihan tambahan bersama fisioterapis timnas Immanuel Maulang. Porsi itu diberikan karena Osvaldo sempat mengeluh agak sakit di paha kirinya. “Nggak parah kok. Besok pagi (hari ini) biar dia tambah latihan lagi,” sebut Nuel-sapaan Immanuel.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : Nap


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads