alexametrics
Liga 1 2019

Wolfgang Pikal Sudah Bisa di Bench Ketika Persebaya Menjamu Borneo

5 Oktober 2019, 17:00:21 WIB

JawaPos.com – Sudah empat laga Wolfgang Pikal absen menemani Persebaya Surabaya di bench. Kans untuk melakoni ’’debut’’ terbuka saat Persebaya menjamu Borneo FC di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya (11/10).

Izin dari Kementerian Tenaga Kerja memang belum keluar. Namun, prosesnya sudah final. Pikal menjelaskan penyebab izin kerjanya sampai berbelit. Ternyata paspornya bermasalah. Sesuai regulasi, paspor untuk kerja seharusnya masih berlaku minimal 18 bulan lagi. Tapi, masa berlaku paspor milik Pikal tinggal 12 bulan. 

Persebaya Surabaya

Nah, proses perpanjangan paspor tidak bisa dilakukan. Sebab, paspor masih berlaku. ’’Makanya, saya harus bikin paspor baru,’’ ucapnya. Paspor baru sudah diajukan ke Kedutaan Austria di Jakarta. Paspor baru itu seharusnya tuntas kemarin. ’’Mereka (kedutaan) janji hari ini (kemarin) jadi. Tapi sampai sekarang belum ada kabar. Mungkin Senin (7/10) baru jadi,’’ terang pelatih 51 tahun itu. 

Jika benar, Pikal akan mengurus segala persyaratan agar bisa mendampingi tim di bench. ’’Masih ada tiga hari sebelum pertandingan lawan Borneo FC. Jadi, masih ada waktu untuk mengurus kekurangan,’’ terangnya.

Pikal berharap bisa segera mendampingi tim. Sebab, sejauh ini, dia hanya bisa melihat anak asuhnya dari bangku VVIP.

Sayang, kepastian laga kontra Borneo FC juga belum jelas. PT Liga Indonesia Baru memang sudah menetapkan jadwal. Laga akan digelar di Stadion GBT pada Jumat (11/10). Panpel Persebaya juga sudah mendapat lampu hijau dari Dispora Surabaya selaku pengelola stadion. ’’Tapi, belum ada izin dari pihak keamanan. Kami masih menunggu,’’ ucap Sekretaris Persebaya Ram Surahman. 

Namun, hal itu tak lantas membuat persiapan tim mengendur. Skuad Green Force –julukan Persebaya– tetap intens melakukan latihan. Bahkan, mereka melakoni dua kali sesi latihan kemarin. Latihan pagi dilakukan di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Lalu, Lapangan Polda Jatim dipilih untuk latihan sore.

Untuk latihan pagi, intensitas tinggi diberikan. Fisik dan stamina pemain digenjot. Termasuk pemberian materi teknik seperti finishing. Untuk latihan sore, intensitas sedikit menurun. Soal dua kali latihan, Pikal punya alasan. ’’Kami ingin menjaga kondisi pemain. Mumpung lawan Borneo FC masih lama. Nanti, kalau sudah dekat laga, intensitas latihan kami sedikit santai,’’ jelas pelatih berdarah Austria tersebut.

Dalam latihan kemarin, beberapa pemain belum fit. Otavio Dutra masih berlatih secara terpisah. Dia menderita cedera di engkel kiri. Irfan Jaya juga belum fit. Selain itu, empat pemain absen karena bergabung dengan timnas. Hansamu Yama sudah bersama timnas senior. Osvaldo Haay dan Rachmat Irianto bergabung di timnas U-23, sedangkan M. Supriadi membela timnas U-19.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads