alexametrics
Liga 1 2019

Pikal Sudah Hafal Nama Pemain Persebaya pada Latihan Pertama

5 September 2019, 12:30:22 WIB

JawaPos.com – Bejo Sugiantoro sudah tidak sendirian dalam memimpin latihan skuad Persebaya Surabaya. Dia ditemani asisten pelatih lain, Wolfgang Pikal, dalam latihan di lapangan Polda Jatim (4/9).

Itu adalah kali pertama Pikal memimpin latihan. Meski begitu, dia sama sekali tidak canggung. Pikal bahkan sudah hafal nama-nama pemain Green Force, julukan Persebaya. Hal itu membuat chemistry mudah dibangun. ”Saya sudah paham 80 persen nama pemain. Tentu dibantu coach Bejo,” kata Pikal saat ditemui seusai latihan.

Persebaya Surabaya

Bejo tak menampik Pikal cukup oke dalam pendekatan dengan pemain. ”Saya respek. Dia baru datang, tapi langsung connect dengan pemain,” kata Bejo. Sebelum latihan, Pikal juga memberikan materi kepada pemain. Mereka disuguhi video laga kontra Bhayangkara FC (31/8). Kemudian, jika ada yang keliru, langsung dilakukan evaluasi. ”Kami tunjukkan filosofi main seperti apa,” sambung Pikal.

Nah, evaluasi itu kemudian diterapkan dalam latihan kemarin. Pikal langsung memberikan materi cukup berat meski pemain baru saja libur selama tiga hari. Dalam latihan kemarin, ada materi passing, finishing, kemudian disambung membangun serangan dari belakang. ”Masih ada yang harus ditingkatkan. Seperti sentuhan pertama, agar pemain lebih efektif dan cepat ke depan,” tambah pelatih 51 tahun itu.

Striker David da Silva menilai sentuhan Pikal cukup berbeda. Da Silva menilai Pikal merupakan pelatih berkualitas. Itu membuat Da Silva tak sabar melakoni laga selanjutnya untuk melihat hasil latihan kemarin.

Gelandang Rendi Irwan menilai pola yang diberikan Pikal tergolong baru baginya. ”Sebelum latihan, dia memberikan materi. Ada kelas untuk evaluasi. Ini bagus, karena sepak bola modern diterapkan di sini (Persebaya),” kata Rendi. Selain itu, Pikal menerapkan disiplin tinggi bagi pemain. Baik di dalam maupun luar lapangan.

Meski Pikal sudah berpengalaman, bantuan Bejo sangatlah penting. Sebab, Bejo lebih lama paham karakter pemain. Karena itu, keduanya sepakat untuk saling membantu sampai Alfred Riedl tiba di Surabaya. ”Kami sudah sharing, kemudian menyiapkan program latihan,” tambah pria berpaspor Austria itu. Keduanya juga akan berkolaborasi saat Persebaya bersua Kalteng Putra (13/9). Sebab, Riedl dipastikan masih absen dalam laga itu.

Soal pembagian tugas, Bejo ikut dengan program yang dibawa Pikal. Tentunya atas persetujuan Riedl. Menurut dia, apa pun program latihan yang dibawa pasti akan memberikan dampak positif bagi pemain. ”Kami akan jalan bersama. Apa pun itu, tujuannya pasti untuk membuktikan bahwa kami ingin lakukan yang terbaik bagi Persebaya,” terang asisten pelatih 42 tahun tersebut.

Sayang, dalam latihan kemarin, masih banyak pemain yang absen. Otavio Dutra di Jakarta mengurus proses naturalisasi. Irfan Jaya, Hansamu Yama, dan Ruben Sanadi bergabung dengan timnas senior. Sedangkan Osvaldo Haay dan Rachmat Irianto mengikuti training center bersama timnas U-23. Begitu pula dengan M. Supriadi yang memperkuat timnas U-19.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads