alexametrics

Kans Arema FC untuk Kalahkan PSS Sleman Sangat Terbuka

5 Agustus 2022, 18:28:44 WIB

JawaPos.com-”Besok (hari ini) main bagus, bisa tiga poin.” Kalimat itu diucapkan Eduardo Almeida kala membuka sesi konpers kemarin.

Pelatih Arema FC tersebut optimistis tim besutannya bisa mengalahkan PSS Sleman di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, malam ini (siaran langsung Indosiar pukul 20.30 WIB).

Ambisi Singo Edan –julukan Arema FC– untuk merealisasikan kemenangan terbuka. Super Elang Jawa –julukan PSS– datang ke Malang dengan modal buruk. Mereka belum pernah menang dalam dua laga Liga 1. PSS menelan satu kekalahan dan satu hasil imbang.

Sementara itu, Arema FC tengah dibalut kepercayaan diri tinggi setelah di laga terakhir menang 2-1 atas PSIS Semarang (30/7). Ditambah, nanti malam Johan Alfarizi dkk mendapat dukungan dari puluhan ribu pendukung setianya.

”Kami sudah melakukan persiapan dengan baik. Tim sudah sangat kuat dan siap meraih tiga poin,” kata pelatih asal Portugal itu.

Dia melihat mental anak asuhnya sedang menanjak. Apalagi, mereka akan bermain di kandang dan semua pemain juga dalam kondisi fit. Termasuk para penggawa asing.

Meski begitu, Almeida tidak mau lengah. Apalagi, PSS diperkuat Ze Valente. Almeida menganggap gelandang asal Portugal itu sebagai salah satu yang terbaik di Liga 1.

”Dia (Ze Valente) punya gaya permainan yang bagus khas Portugal,” katanya. Tapi, Almeida yakin pemain 28 tahun itu masih bisa dihentikan. ”Valente memang bagus. Tapi, saya memiliki Jayus (Hariono). Dia gelandang terbaik kami,” bebernya.

Sebagai gelandang jangkar, Jayus bakal sering berduel dengan Ze Valente. Dia mengaku tidak keder.

”Yang jelas, saya sudah siap memberikan yang terbaik,” tegas pemain asli Malang itu.

Apalagi, dia akan mendapat dukungan dari Aremania. Sementara itu, PSS tidak bisa mendapat dukungan langsung. Sleman Fans memang tidak hadir dalam laga nanti malam.

Pelatih PSS Seto Nurdiantoro tahu tekanan untuk timnya tidak main-main. Tapi, dia meminta pemainnya tetap fight.

”Kami akan menjadikan dukungan Aremania (kepada Arema) nanti sebagai motivasi untuk kami juga. Yang jelas, untuk Sleman Fans, kami minta doanya saja,” jelas pelatih 48 tahun tersebut.

Seto tahu Arema FC dalam kondisi baik. ”Apalagi, mereka baru saja menjadi juara Piala Presiden,” tambahnya. Tapi, dia tetap melihat ada celah yang bisa dimanfaatkan.

Salah satunya soal ancaman ke gawang. Singo Edan selama ini dianggap hanya mengandalkan set piece dan serangan balik.

”Dari situasi itu, gol terjadi. Saya rasa Arema ini faktor luck (keberuntungan)-nya cukup besar. Kami harus belajar juga untuk bisa mendapat faktor luck seperti itu,” beber mantan pelatih PSIM Jogjakarta tersebut.

Tentu saja faktor luck itu ingin dihentikan Seto dalam laga nanti malam. ”Saya sudah sampaikan ke pemain, jangan sampai ada pelanggaran di daerah berbahaya,” tegasnya.

Tapi, Seto mewanti-wanti anak asuhnya. Dia tidak ingin pemainnya bermain grasah-grusuh. ”Kami tahu tim belum pernah menang. Makanya, saya harap semua pemain bisa tampil enjoy dan tanpa beban,” ucap Seto.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gus/c19/ali

Saksikan video menarik berikut ini: