alexametrics

Full Skuad Lokal, Persebaya Menang 9-2 dalam Uji Coba

5 Juli 2022, 23:28:11 WIB

JawaPos.com-Pelatih Persebaya Aji Santoso mengoptimalkan uji coba kemarin sore melawan Porda Sleman di Maguwoharjo Football Park untuk menilai kualitas para pemain lokalnya.

Pelatih asal Malang itu menurunkan full skuad lokal. Pemain-pemain yang selama ini jarang mendapat kesempatan bermain.

Dalam laga tersebut, Green Force menang telak 9-2. ’’Saya tidak melihat hasil, tapi melihat sejauh mana hasil pemusatan latihan selama ini,’’ ucap Aji.

Dia menilai skuad lokalnya tampil hampir sempurna. Seluruh materi yang diberikan selama pemusatan latihan terlihat betul di lapangan.

’’Walau melawan tim amatir, saya melihat bagaimana cara pemain bermain. Fisik dan filosofi bermainnya bagus,’’ ungkapnya.

Yang membuatnya puas adalah sembilan gol yang tercipta berawal dari permainan yang apik. Kombinasi umpan-umpan pendek yang selama ini jadi ciri khas Persebaya. ’’Alhamdulillah cara main yang saya harapkan dilakukan anak-anak dengan baik,’’ tuturnya.

Soal fisik, pemain juga bisa bertahan selama 90 menit. Itu berarti materi fisik yang diberikan selama pemusatan latihan berjalan dengan baik. Risiko cedera pun ikut turun dengan fisik yang prima tersebut.

Tapi, Aji tetap menyebut masih ada kekurangan dari skuad lokalnya. Kekurangan yang selama ini memang jadi titik lemah Persebaya. Yakni, defending set piece.

Dua gol dari lawan berawal dari lemahnya antisipasi bola mati. Mantan pelatih Persela itu mengaku akan melakukan evaluasi ketika nanti sudah kembali berlatih di Surabaya. ’’Karena besok (hari ini) terakhir kami TC di Jogja,’’ bebernya.

Hari ini Persebaya kembali melakukan uji coba. Lawannya adalah Nusantara United FC. Aji akan menurunkan skuad yang berbeda dengan kemarin.

Hari ini empat pemain asing akan diturunkan. Yakni, Silvio Junior, Higor Vidal, Sho Yamamoto, dan Leo Lelis. Aji ingin melihat apakah hasil TC berdampak positif bagi empat pemain tersebut.

Tapi, sejauh ini, soal adaptasi sudah tidak ada masalah. Artinya, keempat pemain tersebut, khususnya Sho dan Silvio yang datang terakhir, sudah bisa menyesuaikan diri dengan tim. ’’Mereka sudah enjoy dan mengerti apa yang saya inginkan,’’ ucapnya.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : rid/c17/ali

Saksikan video menarik berikut ini: