alexametrics

Dibantai Thailand 0-4 di Laga Perdana, Timnas Indonesia Juru Kunci

5 Juli 2022, 10:00:16 WIB

JawaPos.com-Timnas wanita Indonesia belum bisa berbicara banyak di ajang AFF Women’s Championship 2022. Pada laga perdananya di Binan Football Stadium, Filipina, tadi malam (4/7), Srikandi Merah Putih menyerah 0-4 di tangan Thailand.

Empat gol lawan dicetak Alisa Rukpinij (3’, 88’), Tipkritta Onsamai (10’), dan Fasawang Kaetkeaw (69’). Dengan hasil ini, Indonesia untuk sementara menjadi juru kunci klasemen.

Pelatih timnas wanita Indonesia Rudy Eka Priyambada mengatakan, tim tidak memulai laga dengan baik yang membuatnya kecewa. Apalagi, adanya dua gol di bawah 10 menit yang diciptakan oleh lawan. Dia tak menampik gol itu menambah tekanan kepada pemainnya.

’’Pemain kurang fokus sejak kickoff. Tapi, saya pikir banyak pemain baru di tim. Jadi, mereka nervous,’’ ujarnya dalam konferensi pers secara virtual kemarin.

Selain itu, mantan pelatih fisik Persebaya Surabaya tersebut mengaku butuh waktu untuk menyatukan para pemain muda. Di dalam skuad, memang tidak ada nama pemain berpengalaman seperti Zahra Muzdalifah ataupun Ade Mustika Oktafiana yang biasa menjadi kapten tim.

’’Tapi, saya pikir tim terus berkembang dan kami akan berproses untuk bermain di Palembang nanti (Piala AFF U-18, 22 Juli–4 Agustus 2022),’’ ungkapnya.

Di sisi lain, pelatih Thailand Miyo Okamoto menyatakan bahwa kemenangan 4-0 di luar ekspektasinya. Sebab, laga perdana biasanya tak pernah mudah dilalui. Karena itu, dia bangga anak asuhnya bisa menang dengan skor besar.

’’Ini hasil yang baik bagi kami. Tapi, kami harus langsung fokus ke pertandingan selanjutnya,’’ ucapnya.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : raf/c17/ali

Saksikan video menarik berikut ini: